Sebanyak 12 pasar tradisional di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, beroperasi secara daring untuk mempermudah masyarakat belanja kebutuhan sehari-hari selama menjalani Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Perdagangan setempat baru-baru ini meluncurkan pasar daring, di mana masyarakat cukup mengakses layanan ini dengan mengunjungi laman pasaronline.bekasikab.go.id dan langsung bertransaksi.

Kepala Bidang Pengawasan, Pengendalian, Evaluasi, dan Promosi pada Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi Helmi Yenti di Cikarang, Kamis, mengatakan 12 pasar yang melakukan transaksi jual beli secara daring ini di antaranya Pasar Induk Cibitung, dan Pasar Tambun.

Baca juga: 11 pasar tradisional di Bekasi akan terapkan jual beli online

Kemudian, lanjutnya, Pasar Setu, Pasar Sukatani, Pasar Serangbaru, Pasar Babelan, Pasar Tarumajaya, Pasar Cibarusah, Pasar Kedunggede, Pasar Lemahabang, Pasar Cibitung, dan Pasar Cikarang.

"Jam operasional pasar online ini mulai dari jam 4 pagi sampai dengan jam 3 sore," kata Helmi Yenti.

Selain dapat mengurangi aktivitas di luar rumah selama penerapan PSBB, pasar daring ini dinilai juga memudahkan masyarakat memantau langsung harga-harga kebutuhan pokok.

"Juga cepat dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari khususnya kebutuhan pokok," katanya.

Baca juga: Pasar modern Sentul City terapkan transaksi online cegah corona

Pemesanan dapat dilakukan dengan menghubungi langsung nomor pedagang yang tertera, setelah itu barang akan diantar langsung oleh koordinator pasar dan pembayaran dilakukan secara tunai.

"Untuk membantu masyarakat dalam melakukan jual beli selama wabah ini, kita akan buat tiga tahap. Saat ini masih terus dalam penyempurnaan. Tujuannya dalam jangka pendek untuk membantu pedagang dalam masa PSBB. Jangka panjangnya untuk menciptakan pedagang mampu berdaya saing dengan pasar modern," ungkapnya.

Helmi juga memastikan ketersediaan barang masih mencukupi dengan harga yang relatif stabil seperti kebutuhan yang tersedia saat ini yaitu bahan pokok yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat.

Baca juga: Butuh sembako, enam pasar tradisional Depok layani penjualan online

Ke depan, pihaknya akan melakukan penyempurnaan dari pasar daring dengan meluncurkan pasar digital di Kabupaten Bekasi.

"Saat ini sifatnya hanya membantu masyarakat dan pedagang dalam masa PSBB di Kabupaten Bekasi. Ke depan akan terus ada penyempurnaan. Dari pasar online ke pasar digital yang seluruh proses dan pembayarannya dilakukan secara digital," katanya.
 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020