Lembaga kemanusian Aksi Cepat Tanggap (ACT) membagikan bantuan paket beras 5 kilogram, uang tunai, dan makanan siap santap kepada keluarga tuna netra prasejahtera yang menjadi binaan majelis taklim Yayasan Binnaul Ummah Margahayu, Bekasi Timur.

"Alhamdulillah telah kami salurkan sebanyak 120 paket beras, uang tunai, dan 200 paket makanan siap santap," kata Kepala Cabang ACT Bekasi Ishaq Maulana di Bekasi, Selasa.

Ishaq mengatakan bantuan dalam program bertajuk "Operasi Beras Gratis dan Operasi Makan Gratis" tersebut didatangkan langsung dari lumbung beras wakaf ACT di Blora dan Karawang, sedangkan paket makanan siap santap dimasak dari Humanity Center Kitchen ACT, Bogor.

Baca juga: ACT bagikan 14 ton beras ke warga kurang mampu di Bekasi

Pembagian bantuan kepada keluarga tuna netra itu, kata Ishaq, merupakan bentuk kepedulian terhadap saudara sebangsa yang turut terdampak pandemi virus corona.

"Bahkan sebelum ada wabah ini kondisi mereka sudah sangat memprihatinkan. Hal ini yang membuat ACT Bekasi bersama mitra kami Asyikpreneur dan Yayasan Binnaul Ummah sama-sama membantu mereka, minimal dengan beras yang kami berikan, sehingga turut meringankan beban mereka. Inilah yang ingin kami sampaikan kepada masyarakat untuk bersama-sama peduli kepada mereka yang disabilitas," ucapnya.

Baca juga: ACT berangkatkan 10 truk berisi logistik ke wilayah bencana di Bengkulu

Ketua Umum Asyikpreneur Baidillah Barra mengatakan bersama dengan ACT dan donator lainnya pihaknya membagikan bantuan beras dan uang sembako senilai Rp200 ribu kepada tuna netra yang sudah delapan tahun aktif mengikuti majelis taklim di Yayasan Binnaul Ummah.

"Kami juga melihat, selain kesehatan, dampaknya memang ke ekonomi juga dan sekarang kami melihat kebutuhan akan bahan pokok di Bekasi itu sangat urgent," katanya.

Baca juga: "Food-truck" ACT bagikan makan gratis

Salah satu penerima manfaat bantuan Muhamad Ata mengapresiasi para donatur yang menyalurkan kedermawanannya melalui ACT dan Asyikpreneur, serta Yayasan Binnaul Ummah kepada para keluarganya.

"Saya sangat bersyukur sekali mendapat bantuan ini, sangat senang karena dengan adanya musibah ini kita dapat beras dari ACT dan Asyikpreneur. Saya mengucapkan terima kasih dan semoga ACT bisa terus membantu orang yang membutuhkan," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020