Purwakarta, (Antaranews Bogor) - Seluruh pintu gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, hanya dikhususkan untuk kendaraan yang keluar tol pada H-4 Lebaran 2014 atau Kamis.

Kapolres Purwakarta AKBP Slamet Hariyadi mengatakan, di gerbang tol Cikampek itu terdapat delapan pintu. Tetapi terjadi kepadatan arus lalu lintas yang luar biasa sejak H-4 Lebaran.

Atas hal tersebut, delapan pintu gerbang tol Cikampek hanya dikhususkan untuk kendaraan yang keluar jalan tol.

Untuk kendaraan dari arah Pantura atau Purwakarta menuju Jakarta, bisa masuk jalan tol Jakarta-Cikampek melalui gerbang Tol Dawuan.

Pantauan Antara, sejak Kamis dini hari sampai siang, arus lalu lintas di sekitar gerbang Tol Cikampek menuju jalur Pantura cukup padat hingga mengalami kemacetan.

Kemacetan juga terjadi dari jalan arteri Karawang menuju jalur Pantura. Kondisi itu terjadi akibat semakin melonjaknya kendaraan.

Untuk mengantisipasi kemacetan semakin parah, petugas dari Polres Purwakarta beberapa kali melakukan pengalihan arus menuju jalur tengah melewati Sadang-Subang-Cikamurang.

Di titik lain, aparat kepolisian dari Polres Karawang juga berusaha mengurai kemacetan menuju jalur Pantura, dengan terus memberlakukan sistem buka tutup di pertigaan Mutiara.

Dengan diberlakukannya sistem buka tutup di pertigaan Mutiara, kendaraan dari arah gerbang Tol Cikampek menuju jalur Pantura diarahkan melintasi pasar Cikampek, bawah jembatan layang Pasar Cikampek.

Saat terjadi penumpukan kendaraan di jalur Pertigaan Mutiara-Pasar Cikampek menuju jalur Pantura, arus kembali diarahkan ke simpang Jomin melintasi jalan raya By Pass Jomin.  

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014