Bogor (Antaranews Bogor) - Kepala Polisi Daerah Jawa Barat Irjen Pol Muhammad Iriawan beserta Perwira utama Polda melakukan pemantauan langsung terhadap kesiapan pengamanan lebaran di Jalur Puncak oleh anggota Polres Bogor, Rabu.

"Polda Jawa Barat sudah siap untuk melakukan Operasi Ketupat Lodaya, khusus untuk wilayah Kabupaten Bogor, tepatnya di Pos PAM Gadog, jalur ini terdapat arus mudik dan arus wisata," ujar Irjen Pol Muhammad Iriawan.

Kapolda mengatakan, secara keseluruhan wilayah Jawa Barat telah siap menyelenggarakan Operasi Ketupat Lodaya 2014, terdapat 22.000 lebih personel Polda Jawa Barat yang dikerahkan untuk melakukan operasi tersebut.

Untuk menekan angka kecelakaan selama mudik Lebaran Idul Fitri 1435 H/2014, Kapolda menghimbau kepada pengedara untuk mengitu aturan lalu lintas dan anjuran dari petugas di lapangan agar selamat sampai tujuan.

"Ada banyak "rest area" yang tersedia di setiap jalur mudik, manfaatkan itu untuk beristirahat. Jika lelah jangan memaksakan berkendaraan akan fatal akibatnya," kata Kapolda.

Sebelum kunjungan Kapolda Irjen Pol Muhammad Iriawan tiba di Pos PAM Gadog, Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol Rycko Amelza lebih dulu melakukan pemantauan langsung ke Gadog.

Dalam peninjauannya Wakapolda langsung memberikan analisa dan evaluasi terhadap pengamanan yang dilakukan jajaran Polres Bogor.

Wakapolda mencermati titik kemacetan di Jalur Puncak terutama di Pasar Cisarua, aktivitas warga serta pasar tumpah membuat arus lalu lintas mengalami penyumbatan.

Kapolres Bogor, AKBP Sonny Mulviato Utomo, mengatakan pihaknya telah mendirikan sejumlah Pos PAM di sepanjang jalur Puncak untuk mengatur arus lalu lintas di kawasan tersebut.

"Untuk pengaturan arus di jalur Puncak kami menyiagakan 30 anggota tambahan diluar personel yang bertugas di Polsek-Polsek yang ada. Juga ada dua Pos PAM, yakni di Taman Wisata Matahari dan Pasar Cisarua," ujar Kapolres

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014