Karawang (Antaranews Bogor) - Aparat kepolisian dari Satlantas Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan menutup puluhan "U-Turn" atau putaran balik arah di sepanjang jalan raya wilayah Karawang yang akan menjadi jalur mudik Lebaran.

"Selama musim mudik lebaran nanti, kami akan menutup sebanyak 49 U-Turn di sepanjang jalan sekitar Karawang," kata Kasatlantas Polres setempat AKP M Rano Hadiyanto, di Karawang, Kamis.

Menurut dia, di sepanjang jalan raya sekitar Karawang mulai perbatasan Karawang-Bekasi sampai perbatasan Karawang-Subang terdapat sebanyak 57 U-Turn.

Dari sebanyak 57 U-Turn tersebut, pihaknya hanya menutup sebanyak 49 U-Turn. Sedangkan delapan U-Turn lainnya tidak akan ditutup, dengan pertimbangan kepentingan umum atau kepentingan warga setempat.

Penutupan puluhan U-Trun selama musim mudik Lebaran tersebut dilakukan untuk mengantisipasi tersendatnya arus lalu lintas akibat kendaraan yang memutar balik. Selain itu, juga untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

Terkait dengan persiapan menjelang arus mudik Lebaran 2014, Kasatlantas memastikan secara umum pihaknya sudah siap melakukan pengamanan arus mudik.

Saat ini Satlantas Polres Karawang terus melakukan koordinasi ke berbagai pihak seperti ke Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika setempat, jajaran TNI, Dinas Kesehatan Karawang serta ke sejumlah unsur lainnya.

"Kondisi jalannya, jalan nasional dan jalan provinsi sudah siap. Hanya jalan kabupaten (jalur khusus sepeda motor) yang hingga kini masih proses perbaikan," katanya.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014