Depok, (Antaranews Bogor) - Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB-UI) menandatangani perjanjian kerja sama dengan NAVER Corporation tentang pembuatan Kamus Online Inggris-Indonesia LINE Dictionary

"Kerja sama ini merupakan kesempatan berharga bagi mahasiswa terbaik FIB-UI untuk menerapkan secara langsung teori penerjemahan yang telah dipelajari di bangku kuliah, pada kegiatan penerjemahan kamus dwi bahasa (Inggris-Indonesia) online ini," kata Dekan FIB UI Dr. Adrianus L.G. Waworuntu di kampus UI Depok, Kamis.

Dokumen kerja sama ditandatangani oleh Dekan FIB UI Dr. Adrianus L.G. Waworuntu, HAN Sung-Sook, Vice President and Project Manager NAVER Corp, LEE Eun-Jung, Chief of LINE Corp. Indonesia, dan KIM Jong-Hwan, Head of the NAVER Dictionary Division.

Menurut dia kamus ini rencananya akan memuat lebih dari 200.000 kosakata, 400.000 kalimat bahasa Inggris, dan 50.000 file audio versi penutur asli. Proses penerjemahan data yang diperkirakan memakan waktu sekitar 6 bulan, NAVER Corp. menjalin kerjasama dengan FIB UI sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi terkemuka di Indonesia, untuk mengundang 10 mahasiswa terbaik Program Studi Inggris sebagai tenaga penerjemah.

Sementara itu Vice President and Project Manager NAVER CorpLINE Dictionary HAN Sung-Sook mengatakan kamus ini nantinya memiliki fitur yang sangat lengkap seperti database dwibahasa Inggris-Indonesia, disertai penjelasan yang detail, sentence translator, user translation and evaluation, audio pronunciation, Word Card dan sebagainya, dan telah mendapat respon yang sangat baik di pasar aplikasi online sejak rencana peluncurannya pertama kali dipublikasikan.

NAVER Corporation sebagai perusahaan perintis digital lifestyle terkemuka di Korea telah mengoperasikan berbagai situs pencarian terkemuka seperti "Naver" (www.naver.com), situs khusus anak "Jr Naver "(jr.naver.com), dan situs donasi online pertama di Korea �Happybean" (happybean.naver.com), dan telah berkembang menjadi perusahaan berbasis internet dengan tingkat laba bersih terbesar di Korea.

"Pertumbuhan yang luar biasa ini terutama berkat upaya perusahaan untuk menciptakan dan memperkenalkan model keuntungan yang stabil dalam layanan utama berbasis situs pencarian (search engine), termasuk pula layanan berbasis iklan," katanya.

NAVER Corp. memainkan pun peran utama dalam merambah pasar luar negeri melalui anak perusahaannya LINE Corporation. LINE Corp. memperkuat fondasi bisnis global melalui layanan aplikasi chatting gratis `LINE` di seluruh perangkat smartphone dan PC, dan dikenal di kalangan pengguna smartphone tanah air sebagai layanan chatting gratis yang menghadirkan lebih dari sepuluh ribu stiker emoticon untuk mengekspresikan rasa penggunanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014