Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengusulkan pendirian perguruan tinggi negeri dengan menyediakan  dua lokasi yaitu di kawasan  Lippo Cikarang dan Kota Deltamas.

"Perguruan tinggi negeri setara  universitas  sangat dibutuhkan seiring makin meningkatnya pertumbuhan penduduk di Bekasi," kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi Cecep Noor di Cikarang, Kamis.

Wacana pembangunan perguruan tinggi saat ini telah memasuki proses pembahasan bahkan "detail engineering design (DED)" disusun di akhir tahun.

"Sudah dalam pembahasan dan rencanannya DED sudah bakal disusun di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan 2020. Setelah DED-nya jadi tinggal bagaimana membangun fisiknya," katanya.

Baca juga: DPRD Bekasi desak pemda lakukan sterilisasi bantaran sungai dari bangunan liar
Baca juga: DPRD Bekasi minta pemda mengoptimalkan anggaran pendidikan

Dia mengaku usulan pembangunan perguruan tinggi negeri ini tidak terlepas dari semakin bertambahnya sumber daya manusia di Kabupaten Bekasi yang sejalan dengan meningkatnya kebutuhan pendidikan.

Di sisi lain pertambahan penduduk itu tidak dibarengi dengan pembangunan mutu, baik keahlian maupun pendidikan padahal peluang kerja di Kabupaten Bekasi terbilang tinggi dengan keberadaan industri terbesar se-Asia Tenggara yang berisikan sedikitnya 6.700 perusahaan.

Cecep mengatakan banyaknya kawasan industri itu tidak dibarengi dengan kesiapan sumber daya manusia. Dari hasil pembahasan sementara terdapat dua lokasi yang diyakini tetap untuk mendirikan perguruan tinggi negeri yakni di kawasan Lippo Cikarang atau di Kota Deltamas.

Baca juga: DPRD Bekasi minta pemda berikan sanksi perusahaan tidak salurkan CSR

Di kedua lokasi tersebut terdapat lahan fasilitas sosial dan umum yang menjadi hak publik sehingga tidak memerlukan pembebasan lahan.

"Untuk lahan sendiri sudah ada. Di Lippo saja fasos dan fasum kita ada sekitar 13 hektare. Kemudian di Deltamas juga ada tinggal bagaimana hasil DED nanti. Setelah itu baru bergerak pada pembangunan dan perizinan dari pusat," ucapnya.

Cecep Noor meyakini keberadaan perguruan tinggi negeri dapat meningkatkan pembangunan manusia Kabupaten Bekasi secara signifikan.

"Sekarang kan sekolah sudah gratis, ada beasiswa juga, nah akan sangat baik jika ada perguruan tingginya juga. Apalagi kan lapangan kerja sudah ada di kawasan industri ini," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020