Bogor, 4/2 (ANTARA) - Gunma Safari Park Jepang melalui kerja sama "sisterpark" dengan Taman Safari Indonesia Cisarua, Kabupaten Bogor, memberikan bantuan untuk gerakan penghijauan di Taman Buru Gunung Masigit Kareumbie, Kabupaten Bandung.

"Untuk tahun 2012 ini, melalui 'charity box' (kotak amal) terkumpul satu juta yen sumbangan dari pengunjung Gunma Safari Park untuk donasi di Gunung Masigit," kata juru bicara TSI Cisarua Yulius H Suprihardo di Bogor, Sabtu.

Ia menjelaskan penyerahan secara simbolis sumbangan tersebut dilakukan Presiden Direktur Gunma Safari Park Takahasi didampingi oleh Direktur TSI Frans Manansang kepada Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Japan Gibon Center, dan Wanadri melalui Program Wali Pohon di Taman Buru Masigit Kareumbi pada Jumat (3/2) di Cisarua.

Pada acara serah terima donasi tersebut, seekor gajah Taman Safari Indonesia bernama Andesta (28 tahun) secara simbolis menyerahkan bibit pohon trembesi (Samania samman) kepada Direktur Gunma Safari Jepang Takahasi, selanjutnya diserahkan kepada perwakilan Wanadri untuk ditanam pada Sabtu di Taman Buru Gunung Masigit Kareumbie.

Menurut Yulius H Suprihardo, kerja sama "sisterpark" diselenggarakan sejak 2000 antara TSI dan Gunma Safari Park yang diprakarsai oleh Duta Besar Indonesia di Tokyo Sumadi Brotodiningrat pada saat itu.

TSI, kata dia, menyelenggarakan kegiatan Festival Indonesian di Gunma Safari Park Jepang, yang waktu itu bertama "Indonesia Aman" dengan memperkenalkan budaya dan keanekaragaman hayati Indonesia kepada masyarakat Jepang, melalui festival itu.

Salah satunya, kata dia, melalui pengenalan satwa hasil penangkaran TSI kepada masyarakat Jepang pada umumnya.

Menurut Direktur TSI Frans Manansang, penyelenggaraan kegiatan Festival Indonesia ini berjalan sukses, dan mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat Jepang, sehingga menjadi agenda tahunan di Gunma Safari Park.

Atas keberhasilan tersebut, Duta Besar RI di Jepang selalu memberikan penghargaan kepada TSI.

Dalam setiap event ini, katanya, pihak Gunma Safari Park mengadakan kotak amal sebagai bentuk kepedulian masyarakat Jepang terhadap lingkungan, keanekaragaman hayati Indonesia beserta ekosistemnya dengan memberikan kontribusi dalam bentuk dana yang dimanfaatkan untuk program konservasi di Indonesia.

Dari kotak amal Festival Indonesia setiap tahun, masyarakat Jepang melalui Gunma Safari akan mewujudkan kepedulian mereka terhadap upaya masyarakat Konservasi di Indonesia dengan mengadakan penanaman pohon di Taman Nasional Gede Pangrango.

Pewarta:

Editor : Budisantoso Budiman


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012