Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang, Banten mengerahkan sejumlah personelnya dan ambulans dalam pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru yang ditempatkan di sejumlah posko yang berkoordinasi dengan petugas pengamanan lainnya seperti Polri dan pemerintah daerah setempat.

"PMI membuka posko pelayanan di sejumlah gereja dan titik padat keramaian masyarakat untuk membantu aparat kepolisian dalam rangka pengamanan dan pelayanan pertolongan pertama (PP) kegawatdaruratan kecelakaan lalu lintas dan antisipasi siaga bencana," kata Ketua PMI Kota Tangerang Kuswarsa di Tangerang, Selasa.

Baca juga: PMI Tangerang siagakan personel saat musim hujan guna antisipasi bencana
Baca juga: PMI Kabupaten Tangerang selenggarakan Muskab ke XIII

Menurutnya, sudah menjadi tradisi pada libur Natal dan Tahun Baru akan banyak warga yang mudik dan berwisata. Selain itu, armada kendaraan seperti ambulans yang dikerahkan ini tujuannya untuk pelayanan keliling siaga kecelakaan lalu lintas dan bencana.

Personel yang dikerahkan ini dibentuk menjadi beberapa tim yang setiap tim terdiri dari lima personel sukarelawan yang mempunyai kualifikasi pertolongan pertama medis, mereka juga dilengkapi dengan peralatan kedaruratan dan obat-obatan pertolongan pertama.

Baca juga: PMI Tangerang dan DKSH meluncurkan sekolah sehat, aman, hebat

Kepala Biro Humas PMI Kota Tangerang Ade Kurniawan menambahkan untuk operasi keliling beroperasi dimulai pada 24 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020. Dalam pelaksanaannya di bawah koordinasi pihak kepolisian sebagai komando operasi dalam Operasi Lilin 2019.

"Kami sudah berkoordinasi langsung dengan pihak kepolisian dalam hal ini Satuan Lalu Lintas unit Kecelakaan Lalu Lintas Polres Kota Tangerang," tambahnya. (KR-ADR)

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019