Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Reni Marlinawati menegaskan bahwa kader perempuan memiliki peranan penting dalam membangkitkan kembali kejayaan PPP setelah memperolah suara yang kurang memuaskan pada pemilu legislatif 2019.

"Untuk membangkitkan kembali perolehan suara partai, maka harus terus dilakukan konsolidasi secara intensif," kata Reni Marlinawati, di sela kegiatan Rapat Koordinasi Nasional bidang Kesejahteraan Rakyat (Rakornas bidang Kesra), di Jakarta, Kamis, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Harapan PPP Soal Kesenjangan Pendapatan Masyarakat

Menurut Reni Marlinawati, salah satu kunci kebangkitan PPP adalah dengan memperkuat peran perempuan dalam partai. Forum Rakornas Kesra ini, kata dia, menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan soliditas perempuan, melalui konsolidasi yang terus dilakukan secara intensif.

Kader perempuan, menurut Reni, akan memberikan rekomendasi kepada DPP PPP terkait isu-isu strategis ke depan, salah satunya adalah pendidikan politik perempuan di semua tingkatan.

"Ada banyak gagasan yang dibahas dalam forum Rakornas Kesra ini, yang nantinya menjadi landasan bagi perempuan dalam meningkatkan peran politiknya," kata Anggota DPR RI dari Fraksi PPP pada periode 2009-2014 serta Anggota DPR RI pergantian antar-waktu dari Fraksi PPP periode 2016-2019 ini.

Baca juga: PPP Jabar Beri Ruang Perempuan Jadi Caleg

Reni juga juga menyebut, upaya peningkatan perolehan suara itu juga dapat dilakukan dengan memaksimalkan kader milenial untuk re-branding partai ke depannya.

"Kader perempuan di PPP harus meningkatkan kapasitas dan merebut posisi-posisi penting di partai dan di berbagai jabatan publik lainnya,” katanya.

Baca juga: Lesiana anggota DPRD Kota Sukabumi termuda ingin perbaiki tata ruang

Sementara itu Sekretaris Jenderal PPP, Arsul Sani, menambahkan, kader perempuan PPP agar selalu dekat dengan ormas-ormas perempuan yang merupakan unsur fusi pendiri PPP.

‘Kita harus dekat dengan ormas-ormas yang merupakan unsur fusi PPP guna mengingatkan fungsi sosial kemasyarakatan," kata Arsul.

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019