Jajaran Komisi II DPRD dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi mendatangi kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat khusus mempelajari tata kelola informasi.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Kardenal, Selasa mengaku terkesan atas kepercayaan DPRD dan Pemkab Sukabumi menjadikan Diskominfo Kabupaten Bogor sebagai tempat kaji banding dalam upaya peningkatan pengelolaan informasi.

"Tentunya ini menjadi sarana berbagi ilmu, dengan kegiatan ini bisa saling melengkapi kekurangan yang ada. Kepercayaan ini sangat memotivasi kita untuk bekerja lebih baik lagi ke depannya," kata Kardenal.

Baca juga: Diskominfo Bogor menerima penghargaan "Best Sapawarga Administor"

Menurutnya, kini Diskominfo Kabupaten Bogor tengah meningkatkan kinerja berkaitan dengan era industri 4.0. Beberapa di antaranya yaitu mengembangkan aplikasi, desiminasi informasi berbasis digital, sapawarga berbasis digital, pengaduan masyarakat secara online, hingga data terintegrasi melalui Fiber Optik antar satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemkab Bogor.

"Itu bentuk kesiapan Diskominfo Kabupaten Bogor dalam menghadapi perkembangan teknologi informatika dan digitalisasi," tuturnya.

Baca juga: DPRD Lebak pelajari teknik penyebarluasan informasi ke Pemkab Bogor

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi, Deni Gunawan mengatakan bahwa di era serba teknologi, kini Pemkab Sukabumi dituntut menciptakan e-Goverment. Hal itu menurutnya perlahan perlu diwujudkan secara bertahap.

"Perlu pengelolaan dan penataan informasi berbasis teknologi, terkoneksi dan terintegrasi oleh seluru Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi. Diharapkan mampu meningkatkan kinerja kita dengan Pemkab Sukabumi," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Rejang Lebong belajar digitalisasi informasi ke Diskominfo Bogor

Menurutnya, pengelolaan dan penataan informasi publik di Kabupaten Bogor sudah berjalan dengan baik. Salah satunya seperti dukungan sarana prasaran infrastruktur jaringan telah terbangun diseluruh wilayah Kabupaten Bogor.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019