Prestasi membanggakan diraih oleh dua mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor yang ikut pada kompetisi Duta Sehat Remaja 2019 tingkat Kota Bogor di Mall BTM Kota Bogor, Selasa (30/11).

Dari sebanyak 23 peserta, keduanya menjadi terbaik 1 dan terbaik 2 pada ajang tersebut. Mereka adalah Farnado Samosir sebagai juara 1 dan Fasha Maulana mendapat gelar juara 2.

Mahasiswa semester 1 dan semester 3 Program Studi Agribisni Hortikultura Jurusan Pertanian ini masing-masing berhak mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 3.000.000 dan Rp 2.500.000.

Baca juga: Mahasiswa Polbangtan Bogor kembali torehkan prestasi

Fasha Maulana mengatakan bahwa kegiatan Duta sehat remaja ini dalam rangka untuk menciptakan generasi agen perubahan yang nantinya akan dapat membantu menyelesaikan masalah-masalah yang ada, khusunya di bidang kesehatan.

Sehingga peran pemerintah serta masyarakat lainnya adalah untuk mendorong inisiatif pemuda. Seperti yang tercantum dalam deklarasi pemuda siaga, peduli kesehatan.

“Bahwa pemuda dapat berperan sebagai motivator, penggerak, pelopor pembangunan kesehatan dan pelaksana kegiatan kesehatan,” ujar Fasha penuh semangat.

Baca juga: Polbangtan Bogor kirim mahasiswa ikuti SDGs Festival 2019

Kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap tahun. Para juara beserta finalis nantinya didaulat  menjadi penggerak untuk kemajuan kesehatan kota Bogor.

Momen ini dilakukan dalam rangka hari kesehatan Nasional ke 55 yang jatuh pada tanggal 12 November. Usia peserta dibatasi antara 17-24 tahun baik laki-laki maupun perempuan.

Untuk tahapan seleksi ada tes tulis ada 20 soal tentang kesehatan secara umum, lalu wawancara wawasan mereka tentang kesehatan, lalu presentasi untuk memaparkan tentang kesehatan secara umum dan terakhir melihat CV track record. Dari 23 peserta akan dipilih tiga pasang dengan total nilai tertinggi.

Baca juga: Polbangtan Bogor beri penghargaan mahasiswa berprestasi

Acara Duta Sehat Remaja di inisasi oleh Dinas Kesehatan Kota Bogor, sementara untuk di wilayah Duta Sehat Remaja 2019 diinisiasi oleh Puskesmas. Seperti di Bogor Selatan ada lima puskesmas yang menginisiasi kegiatan Duta Sehat Remaja.

Pewarta: Oleh: Humas Polbangtan Bogor

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019