Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menerima penghargaan kabupaten sehat tahun 2019 "Swasti Saba Padapa" dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri pada Selasa (19/11) di Jakarta.

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja didampingi Ibu Holilah Eka Supria Atmaja selaku pembina Forum Masyarakat Kabupaten Bekasi Sehat (FMKBS) hadir secara langsung menerima penghargaan bersama 177 kepala daerah lainnya se-Indonesia.

Baca juga: RSUD Bekasi meraih penghargaan pelayanan publik terbaik

Bupati Bekasi menyampaikan penghargaan ini merupakan titik awal untuk memotivasi dan meningkatkan jumlah tatanan penyelenggaraan Kabupaten Bekasi Sehat di tahun mendatang sesuai dengan potensi yang ada di daerah itu.

"Tentu ini merupakan sebuah apresiasi bagi kami untuk memotivasi meningkatkan tatanan penyelenggaraan Kabupaten Bekasi Sehat seperti bagaimana mewujudkan kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat yang mandiri serta kawasan industri yang sehat," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Bekasi terima penghargaan Proklim 2019 dari KLHK

Eka mengungkapkan rasa optimisnya untuk terus berbenah dalam mewujudkan Kabupaten Bekasi yang bersih, nyaman, aman dan sehat sesuai dengan semangat membangun Kabupaten Bekasi melalui Slogan "Bekasi Baru Bekasi Bersih".

"Saya optimis bersama jajaran akan terus berbenah untuk dapat membangun Kabupaten Bekasi menjadi rumah yang sehat bagi warga masyarakat yang ada, mudah-mudahan tahun 2021 kita bisa meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda," ungkapnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Bekasi, Slamet Supriyadi yang juga Ketua Tim Pembina Forum Masyarakat Kabupaten Bekasi Sehat mengatakan bahwa pembangunan kesehatan tidak hanya merupakan tanggung jawab pemerintah saja tetapi juga melibatkan peran serta masyarakat.

Baca juga: Bekasi terima penghargaan KLA 2019 dari Kementerian PPPA

Melalui tim pembina dan Forum Masyarakat Kabupaten Bekasi Sehat secara bertahap telah melaksanakan dua tatanan dari sembilan tatanan yang ada dalam penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat.

"Ada dua tahap yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi di antaranya mewujudkan kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum dan kehidupan masyarakat yang mandiri," ucapnya.

Acara pemberian penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019 digelar di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Kemendagri, Jakarta dan dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian serta Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019