Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, belajar digitalisasi informasi melalui kaji banding ke kantor Diskominfo Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kepala Seksi Pelayanan dan Penyedian Diskominfo Kabupaten Rejang Lebong, Rudy mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan desiminasi informasi melalui media digital videotron layaknya yang dilakukan oleh Diskominfo Kabupaten Bogor.

Baca juga: Pemkab Garut sambangi Diskominfo Bogor belajar kelola informasi

Ia mendapatkan informasi bahwa Diskominfo Kabupaten Bogor telah bekerja sama dengan LKBN ANTARA untuk penyebaran informasi melalui videotron, hal tersebut menjadi salah satu tujuan kunjungannya ke kantor Diskominfo Kabupaten Bogor.

“Kita ingin bertukar informasi kira-kira apa saja yang harus dipersiapkan, termasuk kendala yang dihadapi. Sehingga kedepannya kita bisa mengimplementasikannya di Kabupaten Rejang Lebong," kata Rudy.

Baca juga: Diskominfo Bogor minta PPID mendukung keterbukaan informasi publik

Selain itu, menurutnya Diskominfo Rejang Lebong juga mempelajari mengenai operasional Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), pengaduan masyarakat secara online, serta pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Bogor.

“Di kami KIM memang belum terbentuk, kedepannya KIM akan kita terapkan di Kabupaten Rajeng Lebong. Kami berharap melalui kaji banding ini bisa terjalin kerja sama yang baik antara Pemkab Bogor dengan Pemkab Rajeng Lebong, dan apa yang kita dapat hari ini bisa kami implementasikan,” tuturnya.

Baca juga: Radio milik Diskominfo Bogor juara LPPL Award 2019

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Diskominfo Kabupaten Bogor, Yunita Mustika Putri mengatakan, pihaknya mengaku bangga atas kepercayaan yang diberikan Pemkab Rejang Lebong kepada Diskominfo Kabupaten Bogor. Hal itu menurutnya menjadi motivasi bagi pegawai Diskominfo Kabupaten Bogor dalam meningkatkan kinerja.

“Alhamdulilah, melalui pertemuan ini kami bisa sama-sama belajar dan bertukar informasi. Sehingga bisa saling melengkapi, apa yang tidak ada di kami begitu sebaliknya. Kegiatan ini juga menjadi wadah untuk meningkatkan silaturahmi dan koordinasi dengan lintas daerah,” kata Yunita.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019