Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia melakukan sosialisasi Pengembangan Program Revitalisasi, di Bandarlampung, Provinsi Lampung pada 15 dan 16 Oktober 2019.

Kegiatan yang diikuti 50 peserta yang berasal dari sejumlah Kabupaten di Provinsi Lampung itu dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca, Deni Kurniadi, di Bandarlampung, Selasa (15/10/2019).

Saat membuka acara, Deni Kurniadi yang pada kesempatan itu didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Ferynia, melakukan foto bersama peserta, sebagai tanda bahwa kegiatan sosialisasi resmi dimulai.

Baca juga: Nunik: Generasi Muda Lampung Agar Budayakan Literasi

Dalam pembukaannya, Deni Kurniadi mengatakan, sosialisasi pengembangan program revitalisasi, dan pedoman lembaga akreditasi perpustakaan, merupakan program menguatkan perpustakaan, baik di provinsi, kabupaten, dan bahkan di desa.

Program sosialisasi ini, menurut dia lebih lanjut, menitikberatkan pada pengembangan dan transformasi perpustakaan dengan memanfaatkan sumber daya manusia, serta membangun sinergi dengan stakeholder.

"Setelah dilakukan sosialisasi program ini, tentunya perpustakaan baik di provinsi dan kabupaten termasuk perpustakaan di desa, wajib mengembangkannya dengan melibatkan semua unsur," katanya.

Menurutnya lagi, perpustakaan merupakan tempat bagi masyarakat untuk memperoleh informasi. "Fungsi perpustakaan saat ini sudah sangat luas, selain tempat mencari informasi, juga dapat digunakan sebagai tempat diskusi," kata dia pula.

Harus mahir menggunakan teknologi informasi

Baca juga: Pejabat Perpustakaan Nasional Kunjungi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, Ferynia menerangkan, kegiatan revitalisasi perpustakaan berbasis inklusi, merupakan inovasi menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat.

Dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, menurutnya pula, kegiatan belajar masyarakat harus berkelanjutan dan disertai dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang dilakuan tenaga pengelola perpustakaan.

"Para tenaga pengelola perpustakaan harus mahir dalam menggunakan teknologi informasi dalam melayani pengguna perpustakaan. Tujuannya, agar permintaan akses informasi lebih cepat diterima masyarakat," kata dia.

Baca juga: Penulis Lampung Karina Lin Grand Launching Buku Kumlet Antargata

Sosialisasi pengembangan program revitalisasi selama dua hari, akan membahas sejumlah hal.

Hari pertama, tentang Prinsip Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, disampaikan nara sumber dari Perpusnas.

Kemudian di hari kedua, nara sumber akan membahas dua hal, yakni tentang Advokasi dan Sinergi Stakeholder Perpustakaan, serta Strategi Pelibatan Masyarakat dalam Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Pada pembukaan sosialisasi pengembangan program revitalisasi yang dilakuan Perpusnas Perpusda, pada waktu dan tempat yang sama, juga dibuka sosialisasi pedoman lembaga akreditasi perpustakaan. (RLs/Disperpusarsip/ANT-BPJ).

Pewarta: Oleh: Humas Disperpusarsip Lampung

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019