Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, berharap agar para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) konsisten mengembangkan produknya.

"Kami menginginkan agar Purwakarta menjadi pusat oleh-oleh di Jawa Barat. Jadi para pelaku UMKM harus konsisten mengembangkan produknya," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Minggu.

Baca juga: Bupati: Hotel diperlukan untuk tunjang sektor pariwisata Purwakarta

Ia mengatakan, saat ini denyut perekonomian masyarakat Purwakarta melalui UMKM cenderung berkembang, khususnya jenis jajanan dan kuliner.

"Kue simping khas Purwakarta sekarang sudah populer dan banyak diminati. Jadi ke depan Purwakarta ditargetkan menjadi daerah pusat oleh-oleh di Jawa Barat," katanya.

Baca juga: Langkah maju pariwisata, Pemkab Purwakarta meluncurkan aplikasi SiPinter Berisi

Dikatakannya, ke depan di Purwakarta akan ada sentra oleh-oleh khas UMKM di Purwakarta, baik oleh-oleh berupa cenderamata maupun kuliner.

Menurut dia, pusat oleh-oleh khas UMKM Purwakarta seiring dan akan saling mendukung dengan terus berkembangnya sektor pariwisata di Purwakarta.

Baca juga: Gubernur Jabar mendukung pengembangan Wisata Air Jatiluhur

"Sektor pariwisata di Purwakarta berkembang sejak beberapa tahun terakhir, jadi kita harus bisa menangkap peluang itu,” kata dia. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019