Prajurit Komando Distrik Militer (Kodim) 0509/Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengisi Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia ke-74 tahun 2019 dengan membangun desa.

"Kegiatan ini kami pusatkan di Kampung Pengarengan RT 016/006 Dusun II Desa Sukadaya, Kecamatan Sukawangi," kata Pasiter Kodim 0509/Kabupaten Bekasi, Kapten Inf. Budi Wiyono di Bekasi, Sabtu.

Budi menambahkan bangun desa ini merupakan rangkaian kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) sebagai wujud nyata sinergi prajurit dengan masyarakat.

Baca juga: Presiden Jokowi: TNI harus mampu adaptasi teknologi baru

"Hari ini sudah memasuki hari keempat pelaksanaan TMMD dan kebetulan bersamaan dengan ulang tahun kami. Bakti kami kepada masyarakat di hari berbahagia ini," ujarnya.

Ratusan personel TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD dikerahkan untuk bekerjasama dengan warga melakukan kegiatan fisik membangun desa.

"Kegiatan fisik kami adalah membangun jalan desa sepanjang 1.000 meter dan lebar tiga meter dengan ketebalan 15 sentimeter," ungkapnya.

Saat ini kegiatan tersebut sudah memasuki tahap pemerataan badan jalan menggunakan batu kapur dan pembuatan saluran air menuju lahan pertanian milik warga.

"Progres untuk kegiatan fisik di hari keempat ini kurang lebih sudah mencapai tujuh persen," ucapnya.

Baca juga: Panglima TNI ingatkan prajurit senantiasa waspada ancaman siber

Selain melakukan kegiatan fisik, Satgas TMMD juga melakukan kegiatan non fisik yakni penyampaian materi mengenai wawasan kebangsaan dan rekruitmen prajurit TNI-Polri kepada kurang lebih 120 orang pelajar di SMK Islam Darul Rohman, Sukawangi.

"Pemberian materi disampaikan langsung oleh Mayor Arm Made Rumbiawan dan Drs H. Aminullah serta dihadiri tiga orang guru pendamping dari SMK tersebut," kata dia.

Baca juga: Pesawat tanpa awak CH4 jadi pembeda peringatan HUT Ke-74 TNI

Dirinya berharap di usia TNI yang ke-74 ini prajurit TNI khususnya personel Kodim 0509/Kabupaten Bekasi mampu meningkatkan peran aktifnya di masyarakat.

"Pengabdian kami di tengah masyarakat semoga dapat lebih ditingkatkan dari tahun ke tahun seiring usia TNI yang semakin bertambah pula," tambah Budi.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019