Ratusan pedagang kelontong dan UMKM mengikuti pelatihan manajemen ritel yang digelar PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) bekerja sama dengan Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Kamis (26/9/2019).  

Branch Manager Alfamart Bogor, Kristanto Inwahyudi di kesempatan terpisah mengatakan, pelatihan yang melibatkan pelaku usaha lokal tersebut merupakan bentuk CSR dan perhatian Alfamart terhadap rekan pedagang kecil.
 
Adapun pelatihan tersebut dikemas dengan program Store Sales Point (SSP) dan Sosialisasi IKM, ditambah dengan Alfa Trex.

Di mana programnya berjalan menjadi tiga bagian, pertama pelatihan ritel, kedua produk lokal yang dapat dijual di toko Alfamart, dan yang terkahir jasa pengantaran paket.

"Kita ajak pedagang kelontong ini untuk memahami bisnis ritel. Karena saat ini ritel tradisional dan modern harus tumbuh berdampingan. Pedagang ritel tradisional perlu dibekali ilmu manajemen ritel modern, agar mereka memiliki daya saing," tutur Kristanto.

Pada kesempatan itu hadir pula Camat Cibinong, Bambang W Tawekal untuk membuka kegiatan pelatihan pedagang tersebut.

Baca juga: Alfamart dan Susu Bendera Gelar Kompetisi Mewarnai Anak di Bogor

Bambang mengharapkan dengan adanya perhatian pelaku usaha ritel terhadap pedagang kelontong & UMKM di wilayah Kecamatan Cibinong dapat membantu mereka menambah ilmu berdagang, dan menghilangkan stigma yang beredar bahwa minimarket dapat mematikan pedagang kecil.

"Sudah semestinya saat ini antara pelaku usaha ritel dengan pedagang kecil dapat berjalan beriringan dan semoga pedagang kecil ini dapat menjadi mitra Alfamart. Saya berharap, kegiatan seperti ini dapat terus berkesinambungan dan Alfamart dapat terus membina para pedagang kelontong," tandasnya.  

Produknya dijual di Toko Alfamart

Baca juga: Bupati gandeng Alfamart kembangkan UMKM di Bogor

Sementara itu, seorang peserta pelatihan, Ningsih warga dari Kelurahan Harapan Jaya mengatakan sangat bersyukur dapat diundang dan hadir dalam kegiatan seperti ini.

"Selain menambah ilmu cara mengelola barang dagangan, saya pun dapat mencoba untuk meningkatkan pemasaran produk buatan saya untuk dijual di Toko Alfamart,"  pungkasnya.  

Baca juga: 'Bersihin Indonesia' dukungan Alfamart tentang larangan penggunaan kantong plastik di Bogor

Peserta pelatihan pedagang di Kecamatan Cibinong sangat antusias mengikuti setiap sosialisasi yang disampaikan oleh tim dari Alfamart.

Kegiatan tersebut ditutup dengan foto bersama peserta pelatihan pedagang, aparat pemerintahan Kecamatan Cibinong, serta tim Alfamart.  (RLs/Humas Alfamart/ANT-BPJ).

Pewarta: Oleh: Humas Alfamart

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019