Palang Merah Indonesia (PMI) mengerahkan puluhan personel dan menyiagakan sejumlah ambulans di lokasi unjuk rasa mahasiswa di DKI Jakarta guna membantu personel keamanan maupun mahasiswa yang terluka pada saat aksi tersebut.

"Personel yang diturunkan untuk membantu korban cidera atau terluka baik dari petugas keamanan maupun mahasiswa merupakan petugas gabungan PMI Se- DKI Jakarta," kata Kepala Bidang Pelayanan PMI DKI Jakarta Oktariadi melalui sambungan telepon, Selasa.

Menurutnya, personel dan ambulans tersebut disiagakan di dua titik yakni di Jembatan Semanggi dan Plaza Timur Senayan. Relawan yang dikerahkan ini dilengkapi dengan pakaian dinas lapangan dan kartu identitas PMI.

Baca juga: PMI Pontianak kerahkan tim pertolongan pertama bantu korban kabut asap
Baca juga: Jusuf Kalla: Keberadaan PMI di tengah masyarakat sangat penting

Selain itu juga membawa sejumlah perlengkapan mulai dari obat-obatan, masker dan lainnya. Apalagi saat ini kondisi di depan Gedung DPR RI ricuh sehingga banyak yang cidera dari kedua belah pihak baik itu pengunjuk rasa maupun aparat pengamanan.

Sejumlah korban yang terluka langsung diberikan pertolongan pertama dan ada juga yang dievakuasi menggunakan ambulans. Relawan yang diturunkan ini terus bersiaga hingga aksi unjuk rasa berakhir dan kondisi di lokasi sudah normal.

Baca juga: PMI dorong pelibatan masyarakat dalam pelayanan

"Seluruh relawan sudah bergerak ke berbagai titik yang terdapat korban terluka, namun kami imbau setiap personel pun untuk memperhatikan keamanan saat sedang memberikan bantuan kepada korban," tambahnya.

Okta mengatakan mayoritas korban yang terluka dikarenakan gas air mata. Korban tidak hanya dari mahasiswa saja, tetapi ada juga dari personel keamanan dan cukup banyak korban terluka yang dievakuasi pihaknya ke rumah sakit terdekat.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019