Masih teringat jelas di tangan kita bahwa pada tanggal 22 Desember 2018, wilayah Kalianda Kabupaten Lampung Selatan dikejutkan oleh peristiwa tsunami yang menyebabkan kerugian luar biasa, baik harta maupun jiwa anggota keluarga.

Peristiwa tersebut disebabkan oleh letusan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda menghantam daerah pesisir Banten dan Lampung.

Sedikitnya 426 orang tewas, 7.202 terluka, dan 23 orang hilang akibat peristiwa ini.

Demikian kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni, di Bandarlampung, Senin, (09/09/2019).

Selanjutnya dikatakan oleh "Panglima Tagana Lampung" ini bahwa belajar dari peristiwa tersebut, maka masyarakat lah yang merupakan pihak pertama yang langsung berhadapan dengan ancaman bencana.

Kesiapan masyarakat menentukan besar-kecilnya dampak bencana di masyarakat.

"Masyarakat adalah pelaku penting untuk mengurangi kerentanan dengan meningkatkan kemampuan diri dalam menangani bencana," katanya.

Kampung Siaga Bencana (KSB)

Sementara itu, Kepala Dinsos Lampung Selatan, Dulkahar mengatakan bahwa untuk mengurangi risiko korban jiwa, Kementerian Sosial mengalokasikan kegiatan Kampung Siaga Bencana (KSB) pada empat desa di sepanjang pantai di Kabupaten Lampung Selatan.

Keempat desa tersebut adalah; Desa Kelawi, Kecamatan Bakauhuni, Desa Sumur Kecamatan Ketapang, Desa Suak, Kecamatan Sidomulyo, Desa Rangai Tritunggal, Kecamatan Katibung.

Dra Ni Masitoh Tri Siswandewi MSi, Kasubdit Kesiapsiagaan dan Motivasi Dit.PSKBA Kemensos RI; menjelaskan bahwa KSB yang berlangsung dari tanggal 9 sd 11 September 2019 itu diikuti oleh masing-masing desa sebanyak 60 orang; dengan demikian keseluruhan sebanyak 240 orang.

KSB bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang kerawanan dan ancaman bencana; Membentuk jejaring yang terkait dengan kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat; mengorganisasi potensi masyarakat; memberikan kepastian dan kesinambungan; memperkuat hubungan sosial dan mengoptimalkan potensi sumberdaya.

"Rencananya KSB ini akan dicanangkan Dirjen Linjamsos Kemensos RI bersama Bupati Lampung Selatan pada akhir latihan di Desa Suak, Kecamatan Sidomulyo," pungkasnya. (RLs/Dinas Sosal/Humas Provinsi Lampung).

Pewarta: Oleh: Dinsos/Humas Pemprov Lampung

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019