Kepala Badan BPPSDM Pertanian Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr meresmikan kegiatan Mabidama (Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa Baru) Tahun Akademik 2019/2020, bertempat di kampus Polbangtan  Bogor, Cibalagung, Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Bart, Senin, 2 September 2019, pukul 7.30 WIB.

Ditandai dengan pemukulan gong, sekaligus penyerahan sertifikat terbaik kepada Septian Permana Putra mahasiswa tingkat 3 Polbangtan Bogor, dalam ajang lomba International Competition and Summer Course yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kepala Badan BPPSDMP Pertanian, menjelaskan bahwa Mabidama adalah pondasi dasar bagi mahasiswa baru untuk membentuk sikap dan karakter jiwa yang baik, sehingga membentuk lulusan sebagai qualified job creator dan qualified job seeker, bermental baja, pekerja keras, pekerja cerdas, wirausaha muda pertanian yang profesional, sebagai generasi muda milenial pertanian, yang 30 tahun kedepan akan menjadikan Republik Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada tahun 2045, yang bertepatan dengan 100 tahun Indonesia merdeka.

Kepala Badan BPPSDM Pertanian juga memotivasi mahasiswa Polbangtan Bogor dengan pertanyaan-pertanyaan, Apakah anda siap menjadi pemuda yang akan membangun pertanian? Apakah anda siap menjadi pelaku pertanian yang akan meningkatkan ekspor komoditi pertanian kenegara tetangga? Dan beberapa kata motivasi yang membangkitkan semangat serta ethos menjadi Mahasiswa Polbangtan Bogor yang merupakan milenial tersebut.

Mabidama merupakan latihan yang mengandung nilai-nilai kepemimpinan, dan mahasiswa dididik dengan mental perilaku kedisiplinan yang tinggi, yang nantinya diharapkan menjadi peserta didik handal, berkarakter serta mampu menghadapi tuntutan dan aspiratif terhadap perubahan, juga diharapkan dapat menjadi sumber daya manusia pertanian yang profesional dan mempunyai kompetensi yang unggul.

Seperti motto SDM unggul, Indonesia bisa maju, Aamiin Ya Robbal Alamiin.

Pada peresmian Mabidama Polbangtan Bogor, selain Kepala Badan PPSDM Pertanian dihadiri juga oleh Direktur politeknik Enjinering Pertanian Indonesia (PEPI), para Dosen, Pegawai, dan Mahasiswa Polbangtan Bogor.

Selamat menjalankan Mabidama, semoga sukses.

Pewarta: Oleh: Humas Polbangtan Bogor

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019