Karawang (Antaranews Bogor) - Ratusan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa, mengikuti kuliah umum dari Ketua DPR RI Marzuki Alie.

Dalam kegiatan yang digelar di aula Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) tersebut, Marzuki Alie menyampaikan seputar partai politik dan proses legislatif DPR di era globalisasi.

"Regulasi hukum dalam sebuah negara itu sangat penting. Karena itu, lembaga legislatif dituntut menciptakan undang-undang yang mumpuni dan berpihak kepada rakyat," katanya, di Karawang.

Salah satu contoh, saat ini untuk menjaga kemakmuran para petani, diperlukan Undang-Undang tentang lahan teknis pertanian.

Mengenai hal itu, kini DPR tengah menggodok pembentukan regulasi tersebut, sehingga ke depan tidak ada alih fungsi lahan pertanian.

Ketua Panitia Penyelenggara Kuliah Umum Unsika, Eka Yuliana SIp, MSi, mengatakan, Ketua DPR RI menjadi dosen undangan dalam kuliah umum tersebut atas keinginan mahasiswa.

"Kami sudah mempersiapkan kuliah umum ini sejak lama, dan banyak mahasiswa yang melihat kontribusi positif Marzuki Alie terhadap keilmuan mahasiswa, sehingga kami menindaklanjuti permohonan mahasiswa," katanya.

Menurut dia, mahasiswa memerlukan penjelasan dari politisi tentang kepartaian dan proses legislatif DPR di era globalisasi. Karena itupula pihaknya mendatangkan Ketua DPR RI tersebut.

Sebagian besar mahasiswa yang mengikuti kuliah umum itu merupakan mahasiswa tingkat akhir di jurusan Ilmu Politik.

Pewarta: Oleh M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013