Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mengoptimalkan pemangkasan pohon yang rawan tumbang menyusul kencangnya embusan angin di sejumlah daerah sekitar Purwakarta.

"Hembusan angin dari hari ke hari semakin kencang. Kami terus siaga dan waspada, terutama mengenai keberadaan pohon yang rawan tumbang," kata Kabid Pertamanan dan PJU, Dinas Tata Ruang dan Permukiman Pemkab Purwakarta Kosasih di Purwakarta, Rabu.

Ia mengatakan, pihaknya telah mengerahkan petugas untuk menyisir sejumlah jalur di wilayah Purwakarta yang terdapat pohon-pohon besar.

"Tujuannya untuk mencari pohon peneduh jalan yang dianggap rawan tumbang. Di antaranya kami melakukan pemangkasan agar tidak membahayakan," kata dia.

Dikatakannya, upaya pemangkasan pohon sengaja dilakukan guna meminimalkan serta mengantisipasi pohon tumbang.

Pihaknya juga meminta agar ada peran aktif dari masyarakat, terutama di wilayah yang termasuk rawan tumbang.

"Masyarakat bisa memanfaatkan call center 112 milik pemkab ataupun bisa melalui surat permohonan langsung ke dinas, jika melihat pohon rawan tumbang," katanya.

Sesuai dengan penyisiran yang telah dilakukan, pohon yang rawan tumbang di Purwakarta mencapai puluhan.

Pohon-pohon itu tersebar di sepanjang jalan protokol di Purwakarta, seperti di sepanjang Jalan Veteran, Jalan RE Martadinata (Jalan Tengah), serta Jalan Ibrahim Singadilaga.

Sementara sebelumnya di beberapa titik wilayah Purwakarta, terdapat kejadian pohon tumbang, di antaranya di Kecamatan Bungursari dan Darangdan. Pohon itu tumbang akibat angin kencang.

Sedangkan di Darangdan, pohon dan tiang listrik PLN tumbang hingga menutup sebagian jalan raya Purwakarta-Bandung. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019