Kota Bogor akan menjadi tuan rumah acara tahunan International Council for Small Business (ICSB) pada Oktober mendatang. Sedikitnya 40 Kepala Daerah Kota/Kabupaten se-Indonesia akan hadir pada gelaran acara seminar bertajuk Galang UKM Indonesia yang juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan.

Ada dua kategori penghargaan yang nantinya akan diberikan ICSB. Sebut saja penghargaan Natamukti yang akan diberikan kepada kepala daerah yang memiliki perhatian terhadap UKM dan penghargaan Natamukti Nindya atau Best Of The Best bagi kota yang terus konsisten setelah mendapatkan Natamukti.

"Penghargaan Natamukti bisa puluhan kepala daerah yang dapat, tapi kalau penghargaan Natamukti Nindya hanya dua sampai tiga orang saja," ujar Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) ICBS Indonesia, Ardhi Ridwansyah saat audiensi dengan Wali Kota Bogor, Bima Arya di Paseban Punta, Balai Kota Bogor, Rabu (31/07/2019).

Ardhi mengatakan, kriteria penilaian penghargaan dilihat dari dokumentasi program yang sudah dijalankan setiap daerah. Dari dokumentasi tadi panitia melakukan pengecekan terlebih dahulu, setelah itu akan disaring lagi dan ada panel untuk menilai kota/kabupaten tersebut.

"Penilaian terakhir dilakukan Kementerian Koperasi dan UMKM, mana yang memang layak mendapatkan penghargaan dan mana yang belum," katanya.

Ia menambahkan, dipilihnya Kota Bogor sebagai tuan rumah pun bukan tanpa alasan. Pasalnya panitia memilih kota yang layak mewakili kota peduli UKM. Hal ini sangat tercermin pada Kota Bogor yang sudah berkali-kali mendapatkan Natamukti. Dan alasan lainnya lokasi Kota Bogor yang strategis diakses 400 undangan dari berbagai daerah.

"Harapan kami dengan pemberian penghargaan kepada mereka yang peduli terhadap UKM bisa merasa terapresiasi atas apa yang sudah dilakukan dan pihak lain yang belum pun termotivasi untuk semakin peduli terhadap UKM," imbuhnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, Anas S. Rasmana berharap, Kota Bogor sebagai tuan rumah juga bisa mendapatkan penghargaan Natamukti Nindya mengingat dua tahun berturut-turut sudah mendapatkan penghargaan Natamukti.

"Tapi yang terpenting adalah dapat meningkatkan moral UMKM di Kota Bogor, bisa semakin berkembang dan memanfaatkan pasar e-commerce. Dan nanti Pak wali juga akan jadi pembicara," katanya.

Pewarta: Oleh: Humas Setdakot Bogor

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019