Cibinong (Antara) - Duta Besar Bosnia Herzegovina untuk Indonesia Fuad Sabeta bertemu Bupati Bogor, Jawa Barat, Rachmat Yasin, di Cibinong, Selasa, guna membahas kerja sama kota kembar.

Kepala Bidang Komunikasi Informasi Publik Diskominfo Kabupaten Bogor Erwin Suriana menjelaskan bahwa dalam pertemuan tersebut Bupati Bogor didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Lita Ismu Yulianti.

Mengutip Dubes Bosnia Herzegovina untuk Indonesia Fuad Sabeta disampaikan bahwa kerja sama antara Indonesia dan Bosnia sudah terjalin cukup lama.

"Kita sudah bekerja sama lama sekali sejak zaman Presiden Soekarno, jadi sekarang kita berusaha untuk untuk meningkatkannya," katanya.

Mengenai kerja sama "sister city" (kota kembar) antara Kabupaten Bogor dan Kota Lukavac Bosnia, Fuad Sabeta menyatakan hal itu masih dalam proses, namun kemungkinan kerja sama tersebut sangat besar.

"Belum ada keputusan final, ini masih proses, saya ke sini (Cibinong) untuk membantu untuk merealisasikan, kemungkinan kerja sama `sister city` sangat besar," katanya.

Pada bagian lain, Dubes Bosnia Herzegovina menyampaikan kepada Bupati Bogor Rachmat Yasin bahwa kedatangannya itu juga untuk membicarakan mengenai kerja sama di bidang ekonomi dan kebudayaan.

"Secara garis besar kerja sama ekonomi dan kebudayaan, Bosnia itu punya banyak peralatan untuk energi dan `power plan`, jadi banyak kemungkinan untuk bekerja sama dalam bidang energi," katanya.

Ia mengatakan dalam kerja sama itu teknologi dari Bosnia sendiri yang dibawa ke Kabupaten Bogor.

Menurut Dubes, bentuk kerja sama itu rencananya dilakukan dengan cara bisnis.

"Kerja sama ini akan dilakukan dengan cara yang baru, jadi dengan cara bisnis, serta kerja sama ini untuk kemaslahatan Indonesia dan Bosnia," katanya.

Pewarta: Oleh Andy Jauhari

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013