Depok (Antara) - Sebanyak 20 orang telah mendaftarkan diri sebagai relawan demokrasi di KPU Kota Depok yang bertugas melakukan sosialisasi tentang pemilu kepada masyarakat.

"Kami menekankan relawan untuk komuitas-komunitas tertentu," kata komisioner KPU Kota Depok Nurhadi, Kamis.

Ia mencontohkan untuk komunitas untuk segmen perempuan, pinggiran, disabilitas dan lainnya.

"Kami membuka kesempatan kepada 25 orang relawan demokrasil ujarnya.

Para relawan tersebut katanya akan membantu mensosialisasikan pemilu agar partisipasi dalam pesta demokrasi lima tahunan ini meningkat.

Dikatakannya lima segmen komunitas memang jumlahnya sedikit tapi kami bukan melihat jumlahnya yang sedikit tapi karena hak mereka.

Menurut dia program relawan demokrasi adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih.

Ia mengatakan program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya dengan menempatkan mereka sebagai pelopor (pioneer) demokrasi bagi komunitasnya.

"Bentuk peran serta masyarakat ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal," katanya.

Dikatakannya banyak faktor yang menyebabkan tingkat partisipasi cenderung menurun, misalnya ketidakpuasan atas kinerja sistem politik, mal-administrasi penyelenggaraan pemilu, dan melemahnya kesadaraan pentingnya pemilu sebagai instrumen transformasi sosial.

Pewarta: Oleh Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013