Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memberikan fasiltas untuk para pemuda di setiap kecamatan agar bisa berkreasi dan berinovasi untuk mendongkrak tingkat perekonomian warga mereka.

"Saat ini program tersebut sudah mulai kami laksanakan seperti di Kecamatan Palabuhanratu yakni menyediakan sarana dan prasarana untuk pemuda agar bisa berkreasi untuk menghasilkan produk yang mempunyai nilai ekonomi," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Sukabumi, Kamis.

Menurut dia, program tersebut ini tujuannya agar pemuda bisa memanfaatkan potensi yang ada di daerahnya masing-masing sehingga bisa berinovasi untuk menghasilkan kreasi yang bernilai ekonomi tinggi baik sektor jasa, perdagangan maupun lainnya.

Setiap kecamatan, lanjutnya, tentunya mempunyai potensi berbeda sehingga fasilitas yang diberikan pun tentunya akan berbeda. Namun, pihaknya mendorong agar pemuda memanfaatkan potensi wisata alam yang setiap kecamatan memilikinya.

Selain itu, ujar Bupati Sukabumi, bisa juga dengan pemuda diarahkan membuat kerajinan produk usaha mikro kecIl dan menengah (UMKM) seperti souvenir dan kuliner sehingga setiap kecamatan pertumbuhan ekonomi akan bisa lebih cepat.

Sebab, dengan program ini pemuda tersebut bisa membukan lapangan pekerjaan dan usaha baik kelompok maupun perorangan sehingga pemuda tidak mengandalkan kerja di pabrik, tetapi bisa berinovasi dengan memanfaatkan potensi yang ada di daerahnya masing-masing.

"Keberadaan Geopark Ciletuh Palabuhanratu pun turut andil dalam mendongkrak perekonomian warga dan ini harus dimanfaatkan seperti membuat berbagai produk khas kecamatannya masing-masing," ucap Marwan.

Marwan mengatakan potensi yang ada di setiap kecamatan masih kurang dianfaatkan maksimal. Sehingga perlu kreativitas dari para pemuda dan pemudinya.

Bahkan sudah ada beberapa daerah yang pemudanya mempunyai inovasi dengan memanfaatkan potensi dan mengubah daerahnya menjadi lokasi tujuan wisata, katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019