Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mendukung upaya masyarakat untuk mengembangkan pariwisata lokal.

Dukungan pemerintah daerah antara lain melalui regulasi serta peningkatan sarana dan prasarana penunjang seperti infrastruktur jalan dan sarana lainnya.

Sekretaris Daerah Uju, saat melakukan kunjungan kerja ke lokasi wisata Adventure Kawung 3 Bojong Rangkas di Desa Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur, Rabu mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bekasi mengapresiasi inisiatif masyarakat mengembangkan potensi wisata seperti di Kawung 3 Bojong Rangkas ini.

"Saya mengapresiasi dan mendukung upaya masyarakat seperti contohnya Kang Gunawan dalam mengembangkan potensi wilayah yang ada menjadi objek wisata yang menarik dikunjungi masyarakat," katanya.

Menurutnya, wisata yang dikembangkan ini harus tetap memakai potensi yang ada di wilayah tersebut sehingga identitas dan kearifan lokal yang ada tetap terjaga dan menjadi daya tarik wisatawan yang datang.

"Saya berharap ini dapat terus ditingkatkan dengan potensi alam yang ada, sehingga nuansa alamnya tetap terjaga," kata Uju.

Baca juga: Berikut referensi wisata Bekasi saat libur lebaran

Pemerintah Kabupaten Bekasi memiliki program untuk mengembangkan Desa Wisata tidak hanya di satu tempat saja.

Penggagas sekaligus Pemilik Wisata Adventure Kawung 3 Bojongrangkas, Gunawan mengatakan, awal mula dirinya mendirikan tempat ini adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Desa Cipayung.

"Sebenarnya saya ingin meningkatkan wirausaha untuk sektor perekonomian di sini, dan juga awalnya saya itu adalah aktivis lingkungan dan saya terpikir untuk memanfaatkan alam sekitar seperti sungai, pepohonan, dan lainnya," kata dia.

Gunawan berharap, tempat wisata yang ia gagas sejak 2018 ini didukung Pemerintah Kabupaten Bekasi dengan membangun infrastruktur jalan yang memadai agar para pengunjung yang datang lebih nyaman.

"Semoga pemerintah daerah dapat memberikan perhatian yang lebih khususnya mengenai infrastruktur dan lampu penerangan jalan menuju lokasi wisata ini sehingga masyarakat dapat lebih nyaman untuk datang ke sini," tandasnya.

Baca juga: Pemkab Bekasi gelar festival wisata bahari Muaragembong

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019