Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggelar Festival Wisata Bahari Muaragembong. Festival yang digelar selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu itu sukses menyedot perhatian masyarakat dari berbagai daerah untuk berwisata bahari di Kabupaten Bekasi.

Festival ini merupakan bentuk komitmen Pemkab Bekasi untuk mendorong perekonomian masyarakat, salah satunya dari sisi pariwisata. Plt Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja di Muaragembong, Minggu mengaku optimis, festival ini mampu mempromosikan Muaragembong sebagai salah satu destinasi wisata.

"Ini sarana promosi, banyak hal unik di sini. Tadi saya sebelum turun di demarga melihat banyak perahu yang dihias, sangat unik. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini orang ramai-ramai ingin tahu Muaragembong, orang ramai-ramai akan datang ke Muaragembong," kata Eka.

Sejumlah perlombaan digelar pada festival kali ini, seperti lomba miniatur perahu hias yang diikuti anak-anak. Meski hanya perahu berukuran mini, namun karya yang dihasilkan begitu menarik dan unik. Salah satunya adalah peserta yang membuat perahu legendaris nusantara yakni Dewa Ruci.

Kemudian digelar juga lomba membuat tumpeng dengan dihias seunik mungkin, lomba dayung serta lomba perahu hias. Eka mengaku, lomba perahu hias menjadi salah satu yang ditunggu. Bagi sejumlah nelayan, mengikuti lomba menghias perahu memiliki kebanggaan tersendiri. Tidak hanya itu, digelar pula lomba foto dan video blog pada festival ini.

Eka menegaskan, Pemkab Bekasi berkomitmen meningkatkan pariwisata bahari, salah satunya di Muaragembong. Selain digelar festival, destinasi wisata pun akan ditambah. Seperti diketahui, selain pantai yang cantik, Muaragembong memiliki hutan mangrove.

"Tentu harus ditingkatkan lagi pariwisatanya, destinasinya ditambah, yang ada dipercantik. Mangrove dan lutung jawa harus lebih dilestarikan lagi. Kami upayakan itu," ungkapnya.

Selain upaya promosi, festival juga digelar sebagai bentuk wujud rasa syukur kepada Sang Pencipta. Patut disyukuri, tangkapan ikan nelayan Muaragembong dalam beberapa waktu terakhir begitu melimpah ruah.

"Acara ini tadi sebagai bentuk masyarakat, syukur nelayan Muaragembong, karena hasil tangkapan ikannya melimpah ruah, sekalian selametan. Ini sebagai wujud rasa syukur nelayan atas karunia yang diberikan. Hingga nelayan kita semakin hari makin sejahtera," tandas Eka.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019