Bogor (Antara) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar debat kandidat pasangan calon bupati dan wakil bupati peserta pemilihan kepala daerah periode 2014-2019 yang berlangsung Rabu malam.

"Debat kandidat akan digelar pukul 19.00 WIB nanti malam bertempat di Hotel Safary Garden. Acara ini akan disiarkan secara langsung oleh televisi swasta nasional TV One," kata Kepala Divisi Logistik KPU Kabupaten Bogor, Romli Eko saat dihubungi Rabu.

Romli menjelaskan, debat kandidat pasangan calon bupati dan wakil bupati akan diikuti oleh seluruh peserta yakni empat pasangan calon.

Dalam debat tersebut terdapat delapan segmen, dimana para kandidat diberikan pertanyaan seputar persoalan-persoalan yang dihadapi oleh Kabupaten Bogor.

Persoalan-persoalan yang telah disiapkan penyelenggaran debat terdiri dari persoalan pendidikan, kesehatan, pasar dan pertambangan yang menjadi permasalahan di Kabupaten Bogor.

"Ada delapan segmen, dengan jumlah 16 soal yang telah KPU siapkan untuk diberikan atau ditanyakan kepada para calon," kata Romli.

Dikatakannya, debat kandidat yang digelar akan menjadi bagian terakhir dari masa kampanye pasangan calon yang sudah berlangsung sejak 22 Agustus hingga 4 September.

"Dalam debat ini masing-masing kandidat mempertajam visi misinya dalam penjabaran yang lebih kongrit untuk membawa Kabupaten Bogor kemana. Tujuannya agar masyarakat Kabupaten Bogor tahu kualitas pemimpinnya," kata Romli.

Tidak hanya itu, lanjut Romli, debat kandidat yang sudah diatur dalam PKPU bertujuan untuk mengenalkan masing-masing pasangan calon kepada masyarakat luas sehingga lebih mengenal karakter serta kualitas pemimpinnya nanti.

Pilkada Kabupaten Bogor diikuti oleh empat pasangan yang terdiri dari dua pasangan jalur independe dan dua dari partai politik.

Masing-masing pasangan tersebut yakni Gunawan Hasan-Muhammad Fikri Falaq dan Alex Sandy Ridwan-Hengky Tarnado dari jalur independen dan Rachmat Yasin-Nuhayanti serta Karyawan Faturachman-Adrian Aria Kusuma dari partai politik.

"Kami mengharapkan masyarakat Kabupaten Bogor dapat menyaksikan acara debat kandidat ini agar bisa lebih mengerti visi dan misi serta kualitas pasangan calon membawa Bogor ke depannya," kata Romli.

Pewarta: Oleh Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013