Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat berharap momentum Hari Kartini tahun ini mampu memunculkan sosok perempuan yang kreatif dan mandiri serta mampu menjadi tokoh pembangunan berbasis gender di wilayahnya.

Demikian disampaikan Plt. Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja saat memberikan sambutan pada puncak peringatan Hari Kartini ke-140 tingkat Kabupaten Bekasi di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Senin.

Mengusung tema 'Dengan Semangat Kartini, Kita Tingkatkan Pembangunan Berbasis Gender', Eka menaruh harapan perempuan di Kabupaten Bekasi dapat meneladani perjuangan Raden Ajeng Kartini.

"Sebagaimana kita ketahui bersama, RA Kartini merupakan tokoh perempuan yang memperjuangkan kesejajaran harkat dan martabat wanita Indonesia. Keteladanan beliau sepatutnya dijadikan contoh perempuan-perempuan Bekasi untuk berjuang tanpa mengenal kata menyerah," kata Eka.

Untuk itu, dirinya meminta dinas terkait lebih memaksimalkan pemberdayaan perempuan. "Pemberdayaan ini harus dilakukan secara kontinyu agar harapan kita bersama untuk menjadikan perempuan Bekasi lebih mandiri dapat tercapai," katanya.

Perempuan di Kabupaten Bekasi diharapkan juga mampu memenangkan setiap tantangan dan peluang masa depan dengan memperluas wawasan, meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan kemampuan diri, ujarnya.

"Jadi  pola pikir yang sesuai dengan kompetensi dengan kemampuan yang tidak diragukan lagi," ucapnya.

"Kita telah melaksanakan pemilihan legislatif, harapannya perjuangan RA Kartini mampu melekat di Kabupaten Bekasi dengan berhasilnya perempuan Kabupaten Bekasi menduduki kursi di Legislatif. Di Pemda sudah ada empat kepala perangkat daerah perempuan. Camat baru satu yang perempuan mudah mudahan nanti bertambah," imbuhnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bekasi, Ida Farida menambahkan, banyak perempuan di Kabupaten Bekasi yang berkiprah demi kemajuan kaum perempuan.

"Di antaranya dengan meningkatkan status sosial melalui pendidikan dan kegiatan lain yang bermanfaat," katanya.

Rangkaian kegiatan Hari Kartini tahun ini merupakan wujud kepedulian, kreativitas, dan kemampuan perempuan di Kabupaten Bekasi untuk lebih berbenah diri.

"Khususnya dalam meningkatkan ketrampilan selain terus menggali potensi yang dimiliki," tandasnya. 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019