Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat saat ini sedang menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang akan mengelola Kecamatan Cikidang yang dalam waktu dekat dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh pemerintah pusat.

"Di Jabar ada tujuh daerah yang akan dijadikan KEK, namun hanya dua saja yang saat ini didorong yakni Kecamatan Cikidang di Kabupaten Sukabumi dan Pangandaran," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Sukabumi, Kamis.

Menurut dia, KEK Cikidang sudah tidak ada lagi perubahan-perubahan sehingga menjadi prioritas pemerintah pusat untuk segera menetapkan daerah ini menjadi KEK. Namun demikian, untuk pengelolaannya tentunya harus dibarengi dengan ketersediaan SDM yang handal.

Tenaga SDM handal tersebut tentunya akan diberi dahulu pelatihan untuk meningkatkan kualitas kemampuan yang dibutuhkan pihaknya dalam mengelola KEK itu, jangan sampai bukan ahlinya yang digunakan.

Maka dari itu, pihaknya saat ini tengah menyiapkan tenaga ahli untuk mengelola KEK tersebut yang pastinya harus dikelola oleh warga sekitar atau Kabupaten Sukabumi. Terkecuali ada tenaga ahli yang harus didatangkan untuk mempercepat pembangunan.

Tentunya jika sudah terbentuk KEK ini maka pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat drastis. Presiden Joko Widodo sudah melihat potensi ini, maka perhatiannya tertuju ke Cikidang dengan dibangun beberapa akses menuju daerah tersebut.

"KEK ini merupakan salah satu dari kegiatan peningkatan kualitas infrastruktur yang tujuannya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di setiap daerah. Namun, untuk investasi yang ingin kami kembangkan berupaya pariwisata," tambahnya.

Marwan mengatakan KEK Cikidang ini pun didukung dengan insfrastruktur yang memadai dan saat ini sedang dibangun pemerintah pusat seperti Jalan Tol Bocimi dan jalur ganda kereta api Sukabumi-Bogor yang dalam pengejaan. Bahkan dalam waktu dekat Bandara Sukabumi pun akan dibangun yang jaraknya cukup dekat dengan Cikidang.

Sementara, anggota DPR RI Dewi Asmara mengatakan pemerintah pusat sangat "menganak emaskan" Kabupaten Sukabumi dengan berbagai program bantuan insfrastruktur yang terus dilakukan. Bahkan, daerah ini pun menjadi lokomotif pembangunan di Jabar Selatan.

"Pembangunan di Kabupaten Sukabumi sangat cepat saat pemerintahan sata ini, ini dibuktikan dengan konektivitas transportasi mulai dari darat, laut dan udara. Kami optimis Kabupaten Sukabumi bisa menjadi daerah yang maju di Jabar," katanya. (KR-ADR).
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019