Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, resmi meluncurkan Aplikasi SIMDA Perencanaan (e-planning) yang digunakan dalam penyusunan dokumen perencanaan wilayah Purwakarta 2019.

"Aplikasi ini diwujudkan sebagai wujud komitmen pemerintah untuk menjadikan pemerintahan yang good governance dan clean government," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Purwakarta Aep Durrohman saat acara launching e-planning, di Aula Janaka Pemkab Purwakarta, Kamis (11/4).

Ia mengatakan, dengan diluncurkannya aplikasi e-planning itu diharapkan akan berdampak pada tertibnya penyusunan dokumen perencanaan secara berjenjang serta penyusunannya memenuhi semua aspek peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“E-planning juga akan diintegrasikan dengan e-budgeting, sehinggga database perencanaan dan penganggaran menjadi hanya satu data. Itu memudahkan dalam pengendalian dan pelaporan,” katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Sekda Iyus Permana menyampaikan, aplikasi e-planning merupakan bentuk pengembangan manajemen pemerintahan.

"Ini dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui pemanfaatan teknologi informasi," ungkap Iyus di tempat yang sama.

Dalam kegiatan itu dilakukan pula sosialisasi peran SIMDA perencanaan dalam penyusunan dokumen perencanaan, serta pembinaan dan pengawasan penyelengaraan Pemda yang disampaikan oleh BPKP Provinsi Jawa Barat.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019