“Jadi wirausahawan itu lebih menyenangkan daripada menjadi PNS”, hal ini diungkapkan oleh Ir. Syarif Bastaman, M.Sc Direktur Research and Development PT Mitra Sukses Agrindo dalam kuliah kapita selekta program studi mekanisasi pertanian Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor.

PT Mitra Sukses Agrindo (MAS) berdiri sejak 2008, dengan tekad ikut membangun kejayaan pertanian dan perkebunan di Indonesia dengan menghadirkan produk-produk inovatif, teruji, diterima dan dipercaya hingga kini oleh para planters.

Dalam kesempatan itu Syarif Bastaman menjelaskan manfaat cacing tanah dan betapa ajaib kotorannya. Salah satu manfaat cacing tanah adalah bisa dibuat pupuk kascing.

“Kascing adalah pupuk organik padat alami yang difermentasi langsung oleh cacing tanah,” jelas Syarif.

Menurut Syarif pupuk kascing sangt baik dan aman digunakan untuk memupuk berbagai macam tanaman.

“Kascing dapat diaplikasikan pada berbagai jenis tanaman apapun dan dalam jumlah berapapun karena kascing sangat aman baik untuk tanah maupun tanaman,” tambahnya

Kepala Prodi Mektan Dr. Ir. Yul Harry Bahar, mengatakan Bapak Syarif ini dulunya adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) namun beliau resign dari PNS.

“Jadi untuk menjadi sukses itu tidak melulu menjadi PNS,” ungkap Dr. Yul Harry Bahar memperkenalkan Syarif kepada mahasiswa..

Sementara menurut Direktur Dr. Ir. Siswoyo, MP, semakin banyak praktisi yang datang ke Polbangtan Bogor tujuannya adalah untuk mengubah mindset mahasiswa, kita adalah sekolah vokasi yang menghasilkan mahasiswa dengan skill.

“Mahasiswa harus membuka pikiran bahwa bekerja itu tidak harus menjadi PNS namun yang lebih bagus adalah menjadi wirausahawan.” kata Direktur Dr. Ir. Siswoyo, MP dalam arahannya.

 

Pewarta: Oleh: Humas Polbangtan Bogor

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019