Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, meluncurkan aplikasi e-PBB untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi tagihan pajak bumi dan bangunan.

"Aplikasi ini diberi nama 'Siceupol' (Sistem Informasi Cek PBB online). Ini bentuk percepatan pelayanan kepada masyarakat," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, disela peluncuran e-PBB Siceupol, di Komplek Pemkab Purwakarta, Kamis.

Dalam aplikasi itu disajikan data informasi tagihan pajak bumi dan bangunan tahun berjalan serta tahun-tahun sebelumnya. Jadi aplikasi tersebut bisa memudahkan masyarakat dalam kebutuhan informasinya terkait PBB.

Ia berharap adanya aplikasi Siceupol bisa memotivasi serta meningkatkan pendapatan daerah, karena dengan begitu masyarakat bisa dimudahkan.

"Aplikasi ini hadir di tengah masyarakat, sehingga diharapkan mempermudah serta meningkatkan kontribusi, terutama dalam PBB," kata Anne.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Bapenda Purwakarta, Nina Herlina menyampaikan, dengan adanya aplikasi Siceupol, itu adalah bagian dari peningkatan mutu pelayanan serta mendekatkan diri kepada masyarakat atas keberadaan Bapenda.

Sistem tersebut akan membantu masyarakat untuk mengetahui informasi data pewajib pajak, subjek pajak dan tagihan pembayaran pajak, bahkan tahun sebelumnya pajak yang belum dibayarkan akan ada informasinya.

"Dengan aplikasi ini, masyarakat tidak perlu repot datang ke Bapenda, cukup mengakses melalui aplikasi. Jadi mengecek PBB semudah menelpon," kata Nina. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019