Sukabumi (Antara) - Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Sukabumi, Zainul Arifin mengatakan selama musim mudik terhitung sejak H-7 hingga H-2 Idul Fitri tercatat tidak terjadi kecelakaan lalu lintas di jalur mudik utara Sukabumi.

"Dari pantauan dan patroli yang kami lakukan selama musim mudik sampai H-2 lebaran ini tidak terjadi kecelakaan lalu lintas baik yang menimpa pemudik maupun warga sekitar yang terngah beraktifitas," kata Zainul kepada Antara, Selasa.

Menurutnya, pihaknya menargetkan pada musim mudik sampai arus balik lebaran tidak terjadi kecelakaan lalu lintas atau `zero accident`. Selain itu, sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas pihaknya tersebut memberikan himbauan dan penertiban arus lalu lintas untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Lebih lanjut, saat Operasi Ketupat Lodaya ini agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas pihaknya juga membagikan brosur tips mudik aman yang bisa dijadikan panduan oleh para pemudik untuk mengetahui lokasi rawan macet, kecelakaan sampai tempat-tempat yang bisa digunakan untuk istirahat.

Selain itu, tidak terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalur mudik Sukabumi berkat peran serta seluruh elemen mulai dari pemudik sampai petugas yang mengatur arus lintas. Selain itu, pihaknya juga memasang rambu-rambu di lokasi-lokasi rawan kecelakaan lalu lintas.

"Kami juga sudah melakukan pemetaan terhadap daerah rawan kecelakaan dan di jalur mudik dan balik di Sukabumi terdapat enam titik yang berada di wilayah utara dan selatan Sukabumi," tambahnya.

Zainul mengatakan kecelakaan lalu lintas bisa saja terjadi, maka dari itu untuk terhindar dari kecelakaan pengendara harus mematuhi peraturan dan melihat rambu yang disediakan oleh pihaknya dan lembaga lainnya. Selain itu, sebelum berangkat mudik pengendara diminta untuk memeriksa dahulu kondisi kendaraannya dan jika dalam perjalanan kondisi tubuh kurang fit atau tidak sehat dianjurkan istirahat dahulu sampai kembali sehat agar konsentrasi terjaga.

Ia juga menyarankan, agar bisa berkonsentrasi,pengendara bisa meminum vitamin atau suplemen, tetapi tidak meminum obat-obatan saat berkendaraan.

"Kami juga menyediakan tempat istirahat untuk pemudik yang bisa digunakan secara gratis dan berharap tidak ada kecelakaan lalu lintas selama musim mudik lebaran ini," kata Zainul.

Pewarta: Oleh Aditya A Rohman

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013