Pemerintah Kabupaten Purwakarta menyiapkan lahan sekitar 5 hektare di wilayah Kiarapedes untuk dikembangkan sebagai kawasan perkebunan manggis.

"Kita siapkan lahan di Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes. Nantinya lahan itu akan menjadi kawasan perkebunan manggis," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika di Purwakarta, Minggu.

Ia mengatakan saat ini kawasan perkebunan manggis di Purwakarta luasnya mencapai sekitar 1.500 hektare, tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Bojong, Kiarapedes, Darangdan, Wanayasa dan Kecamatan Pondoksalam.

Rata-rata produksi manggis di Purwakarta mencapai 47 ton per hektare. Hasil panen manggis itu tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal, tetapi juga untuk ekspor.

Menurut dia, Kecamatan Kiarapedes masuk kategori kawasan perkebunan manggis. Namun ke depan, akan terus dikembangkan lagi kawasan perkebunan manggis di kecamatan itu dengan menyiapkan lahan baru seluas sekitar 5 hektare.

Bupati mengingatkan, agar para petani menjaga kualitas manggis khas Purwakarta karena sudah tersertifikasi bahkan sudah memiliki pasar ekspor.

Catatan Dinas Pangan dan Pertanian setempat, manggis Purwakarta ini telah menembus pasar ekspor dengan negara tujuan China, dan sejumlah negara Asia lainnya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019