Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor telah mengembangkan metode pembelajaran baru yang mengintegrasikan proses pembelajaran dengan produksi serta menumbuhkan jiwa wirausaha pada peserta didik yang disebut dengan Teaching Factory/Teaching Farm (TEFA).

Untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran TEFA, saat ini Polbangtan Bogor melakukan kerjasama dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) salah satunya yaitu dengan PT Bahagia Jaya Sejahtera yang berlokasi di Ciawi Bogor.

"Sebagai langkah awal dalam kerjasama ini Polbangtan akan mengirimkan mahasiswa/dosen/PLP untuk dapat menciptakan alat," jelas Dr. Tri Ratna Saridewi, S.Pi.,M.Si yang mewakili pihak Polbangtan Bogor yang juga merupakan Wakil Direktur I.

Perusahaan ini bergerak di bidang menciptakan dan memproduksi alat/mesin pertanian, perkebunan, peternakan, Pra dan Pasca Panen, Industri Kecil dan Menengah.

Selain itu Dewi meminta pihak PT. Bahagia Sejahtera juga bersedia sebagai dosen tamu untuk memberikan pengetahuan tentang penciptaan alsintan dan penumbuhan jiwa wirausaha dalam bidang alsintan, sehingga lulusan Polbangtan nantinya mampu menciptakan job sheaker.

Dewi juga mengharapkan mahasiswa dari Prodi Teknologi Mekanisasi Pertanian yang merupakan Prodi terbaru di Polbangtan Bogor mampu menjadi mekanik untuk seluruh alsintan yang di berikan Menteri Pertanian.

Surizal selaku Direktur PT Bahagia Jaya Sejahtera menyambut baik kerja sama yang ditawarkan Polbangtan Bogor dalam pengembangan TEFA.

"Kami bersedia dilibatkan dalam pengembangan TEFA Polbangtan Bogor," kata Surizal.

Menurut Surizal, pendirian workshop di Polbangtan Bogor sangat mungkin untuk kami dampingi, mengingat perusahaan kami juga memerlukan mitra dalam pengembangan usaha.

Nantinya PT Bahagia Jaya Sejahtera akan mengirimkan teknisi untuk TEFA Workshop Alsintan di Polbangtan Bogor.

Pewarta: Oleh: Humas Polbangtan Bogor

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019