Bogor (Antara) - Kantor Pos Pemeriksa Bogor selesai membayarkan dana Program Keluarga Harapan tahap dua 2013 untuk wilayah Kota Bogor, Jawa Barat.

"Pembayaran PKH tahap dua ini sudah dilakukan sejak 15 Juli, terakhir pembayaran dilakukan 22 Juli," kata Kepala Kantor Pos Pemeriksa Bogor Dody Haryanto di Bogor, Senin.

Dody menyebutkan, Kantor Pos Pemeriksa Bogor menyalurkan PKH untuk enam kecamatan di Kota Bogor dengan jumlah Rumah Tanggah Sangat Miskin (RTSM) sebanyak 11.163.

Besarnya alokasi dana PKH yang dibayarkan oleh Kantor Pos Bogor sebanyak Rp6,88 miliar untuk seluruh RTSM di enam kecamatan kota Bogor.

Dody merincikan, dana miliaran rupiah tersebut dibayarkan untuk 2.389 RTSM di Kecamatan Bogor Barat sebesar Rp1,45 miliar.

Kecamatan Tanah Sareal 2.354 RTS nilai Rp1,42 miliar, Kecamatan Bogor Tengah 952 RTSM nilai Rp774 juta, Kecamatan Bogor Utara 1.232 RTSM nilai Rp484 juta, Kecamatan Bogor Timur 793 RTSM nilai Rp571 juta dan Kecamatan Bogor Selatan 3.443 RTSM nilai Rp2,17 miliar.

"Pembanyaran tahap dua ini menggunakan sistem giro pos on line (GOL), dibayarkan di masing-masing kecamatan dan kantor Pos Juanda Bogor," katanya.

Dody menjelaskan, sebelum penyalurahan PKH, data penerima dilakukan validasi oleh tim UPKH yang meninjau langsung ke lapangan data penerima.

"Data penerima PKH lebih akurat dibanding BLSM. Karena sebelum menerima, calon penerlita di validasi dulu benar tidaknya miskin atau tidak," kata Dody.

Menurut Dody, terdapat beberapa persyaratan saat penerimaan dana tersebut diberikan, ibu rumah tangga penerima dengan membawa kartu identitas PKH dan KTP.

"Program PKH itu antara lain untuk membantu RTSM pada sektor kesehatan dan pendidikan," katanya.


Pewarta: Oleh Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013