Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mendorong penyelenggara Pemilu untuk dapat meningkatkan partisipasi pemilih di wilayah setempat.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Yudhi Dharmansyah di Cikarang, Jumat, meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi untuk mendongkrak tingkat partisipasi pemilih.

"Ya setidaknya kalau Pemilu 2014 kemarin tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Bekasi itu 68 persen, Pemilu kali ini di atas 70 persen lah. Syukur-syukur sesuai target KPU RI sebesar 77,5 persen," kata Yudhi.

Menurut dia, Pemilu merupakan hajat pesta rakyat dalam mewujudkan demokrasi sesuai asas pemilu jadi sudah sedianya seluruh rakyat yang telah memenuhi persyaratan memilih dapat turut berpartisipasi.

"Ini kan pesta rakyat, jadi bagaimana caranya agar seluruh rakyat bisa menikmati pesta ini," ucapnya.

Yudhi melanjutkan, peran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi juga tak kalah pentingnya dalam menyukseskan pemilu 2019 mendatang.

"Disdukcapil juga, jangan lambat kerjanya. Segera proses perekaman dan KTP elektronik agar semua warga bisa nyoblos," tandasnya.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudi mengaku pihaknya optimis mampu menaikkan jumlah partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 mendatang.

"Kami yakin tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu besok lebih tinggi dibandingkan pemilu sebelumnya. Karena pemilu kali ini dilaksanakan serentak, antara Pileg dan Pilpresnya bersamaan," kata Jajang.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi ke masyarakat agar menggunakan hak pilihnya, mulai dari sosialisasi ke sekolah-sekolah, lingkungan kawasan industri, hingga masyarakat pelosok.

"Kita juga melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula agar tidak golput pada Pemilu besok," ujarnya.

"Dan juga kita dibantu stakeholder terkait serta Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam sosialisasi Pemilu 2019 ini, sehingga angka partisipasi pemilih meningkat seperti apa yang kita harapkan bersama," imbuhnya menandaskan.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019