Jakarta  (ANTARA News Megapolitan) - Mahasiswa Universitas Pancasila (UP) mendapat kepercayaan untuk menjadi kampus pelopor tertib berlalu lintas yang diharapkan bisa meminimalisir kecelakaan yang terjadi di jalan raya.

"Bukan hanya UP yang mendapatkan kepercayaan tetapi juga ada Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan lainnya," kata Wakil Rektor Universitas Pancasila (UP) Agus Purwanggana di sela-sela acara Sosialisasi Kampus Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas, Millennial Road Safety Festival di Aula Masjid Attaqwa Universitas Pancasila Jakarta, Selasa.

Ia mengakui kecelakaan yang terjadi di jalan raya banyak dialami oleh generasi millennial, untuk itu perlu mengikuti sosialisasi keselamatan berlalu lintas untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

"Kalau Dirlantas targetnya zero accident maka kita mendukung target tersebut," ujarnya.

Agus juga berharap mahasiswa yang mengikuti sosialisasi tersebut menularkan pengetahuannya ini kepada mahasiswa lainnya agar tertib berlalu lintas di jalan raya.

Untuk itu, kata Agus pihaknya tidak akan berhenti dengan sampai pada acara sosialisasi tersebut saja tetapi juga akan ada tindak lanjutnya yang melibatkan mahasiswa dalam mengampanyekan tertib lalu lintas.

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh pihak Jasa Marga yang merupakan asuransi jaminan kecelakaan dan komunitas-komunitas. Selain itu juga ada Pelayanan SIM keliling, perpanjangan STNK dan SIM serta pembuatan SIM baru khusus untuk mahasiswa dan karyawan UP.

Sementara itu Kasi Audit dan Inspeksi Suditkamsel Korlantas Polri AKBP Aswin Siregar mengatakan kegiatan tersebut berharap membangkitkan kesadaran dan kepedulian dalam tertib berlalu lintas.

Selanjutnya para mahasiswa ini diharapkan ikut terlibat dalam meminimalisir kejadin kecelakaan di jalan raya, dengan menjadi agen perubahan dalam tertib berlalu lintas.

"Awalnya harus tahu tentang keselamatan bahwa dirinya rawan mengalami kecelakaan karena menggunakan sepeda motor setiap hari, untuk itu perlu kepedulian dan keterlibatan langsung," jelasnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019