Cibinong, 13/5 (Antara) - Kabupaten Bogor mengusung Desa Sukamanah, Kecamatan Megamendung mewakili daerah itu pada ajang Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2013.

"Ada beberapa pertimbangan yang mendasari terpilihnya Desa Sukamanah mewakili Kabupaten Bogor dalam lomba desa se-Jabar itu," kata Asisten Perekonomian dan Pembagunan Setda Kabupaten Bogor Hj Lita Ismu Yulianti mewakili Bupati Bogor Rachmat Yasin.

Disela-sela menerima rombongan tim penilai dari Provinsi Jabar yang diketuai oleh dr Budi Setiadi, ia menjelaskan pertimbangan itu antara lain Desa Sukamanah telah berhasil membangun keterbukaan kebersamaan dan kerja sama antara Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan lembaga kemasyarakatan yang ada di desa dan berbagai elemen masyarakat setempat.

Selain itu, kata dia, tingkat kesadaran masyarakat Desa Sukamanah dalam bidang kesehatan dan pendidikan sudah sangat baik.

"Sehingga memberikan kontribusi dalam peningkatan index pembangunan manusia (IPM)," katanya.

Di samping itu, kata dia, masyarakat setempat juga memiliki kesadaran yang konsisten untuk mebangun desa secara secara swadaya murni, termasuk dalam memelihara sarana dan prasaran desa.

Ia mengemukakan bahwa berbagai prestasi yang telah diraih tersebut telah memberikan indikasi positif bahwa Desa Sukamanah telah memenuhi kriteria desa berprestasi serta telah menjalani proses seleksi yang ketat.

"Kiranya hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi tim penilai untuk menempatkan Desa Sukamanah, Kecamatan Megamendung dalam posisi terhormat pada pelaksanaan perlombaan desa tahun 2013," katanya.

Pada gilirannya, kata dia, jika berhasil dapat menjadikan Sukamanah sebagai duta Jabar dalam perlombaan desa tingkat nasional tahun 2013.

Saat menerima kunjungan rombongan tim penilai yang dipimpin Budi Setiadi yang juga selaku Kabid Penguatan Kelembagaan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Jabar ke Desa Sukamanah Lita Ismu Yulianti didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Bogor Hj. Elly Rachmat Yasin.

Di samping itu juga disertai sejumlah tokoh agama, masyarakat serta aparatur pemerintahan mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa.



Andi Jauhari

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013