Cibinong, 7/5 (Antara) - Bupati Bogor Rachmat Yasin mengatakan musyawawarah pimpinan kecamatan (Muspika), termasuk kepala desa harus menjadi ujung tombak dalam menyukseskan pemilu kepala daerah setempat.

"Itu sebabnya camat, Danramil, dan Kapolsek, dan kepala desa (Kades) dikumpulkan melalui Forum Koordinasi Pimpinan Daerah," katanya di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Ia mengatakan, dalam Pilkada Bupati dan Wakil Bupati pada September 2013, para Muspida dan Muspika termasuk Kades harus bersinergi menjadi ujung tombak dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

"Dengan sinergi itu sosialisasi pilkada kepada masyarakat dapat optimal," ucapnya, menegaskan.

Selain sosialisasi, Bupati Bogor juga menyoroti mengenai masalah keamanan di lingkungan Kabupaten Bogor.

"Apa yang bisa kita lakukan apabila kecamatan kita tidak aman, apa yang kita bisa bangun apabila tidak aman, maka dari itu keamanan dalam pilkada mendatang harus terjaga dan tertib hukum," ujarnya.

Karena itu, kata dia, peran unsur aparat keamanan dari polisi dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus diperkuat melalui bintara pembina desa (Babinsa), dan Babinkamtibmas dari Polri yang merupakan ujung tombak keamanan di desa dan kecamatan di Kabupaten Bogor.

Rachmat Yasin berjanji akan menghidupkan kembali sistem keamanan keliling (Siskamling) di Kabupaten Bogor, agar keamanan dan ketertiban terus terjaga selama pilkada.

Bupati juga berpesan kepada para Muspida dan Muspika maupun pegawai negeri sipil (PNS) agar tidak ikut secara aktif dan berpihak kepada salah satu calon.

"Camat maupun Kades dan tidak boleh kampanye, tetapi punya kewajiban menyukseskan pilkada itu," tukasnya.

Sementara itu, terkait masalah keamanan, Kapolres Bogor AKBP Asep Safrudin menjelaskan bahwa Babinsa, Muspida dan Muspika dalam mencegah potensi konflik harus bertindak dengan baik dan saling bekerja sama.

"Mari kita pasang mata dan telinga untuk bersinergi, bila perlu Muspida saya minta di level bawah harus betul-betul bersinergi tidak ada yang lempar tangan," katanya.

Ia mengimbau semua pihak menjaga seluruh lini untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Andi J

Foto: Diskominfo Kab. Bogor

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013