Bogor (ANTARA News Megapolitan) - Bayi Panda Merah telah lahir di Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Bogor, sebagai kelahiran pertama di Indonesia sejak hewan asal Tiongkok itu didatangkan pada 2017 yang lalu.

Cacih Lidia petugas penjaga satwa (keeper) utama Red panda TSI Cisarua, saat dikonfirmasi Antara melalui pesan singkat, Jumat membenarkan adanya kelahiran Panda Merah (Red Panda) dari pasangan Xing Xing dan Pay Pay.

Meski demikian pihak TSI belum memberikan informasi terkait berat dan jenis kelamin bayi panda merah tersebut.

"Iya mbak. Maaf belum bisa kasih info," kata Cacih saat ditanyai lebih lanjut soal bobot dan jenis kelaminnya.

Kabar membahagiakan ini pertama kali muncul dari twite-an Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya pada tanggal 17 Januari 2019.

"Terimakasih Tuhan, baru saja menerima kabar, tadi Red Panda di Istana Panda TSI Taman Safari Indonesia Cisarua melahirkan, ini merupakan peristiwa yang pertama di Indonesia. Lihat deh, lucu banget yah," kata menteri dalam Twitter nya.

Red Panda Xing Xing (betina) dan Pay Pay (jantan) didatangkan dari tempat asalnya di Tiongkok tahun 2017 lalu.

Panda ini memiliki keunikan, pajang berat rata-rata 4-7,5 kilogram. Memiliki masa hidup 18 sampai 20 tahun. Saat tiba di Indonesia usianya sudah empat tahun.

Red panda kalau tekena matahari warna kulitnya akan bersinar. Red panda juga ada dalam film Kungfu Panda sebagai karakter Master Shifu.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019