Cikarang, Bekasi (ANTARAnews Megapolitan) - Rumah Sakit Grha MM2100 di Cikarang Barat Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melayani pasien kecelakaan kerja dari peserta Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan setelah resmi menjadi Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) BPJS Ketenagakerjaan setempat.

"Kami konsen melengkapi fasilitas rumah sakit dengan alat medis dan instrumen bagi pasien kecelakaan kerja," kata Direktur Rumah Sakit Grha MM2100 Kuntari Retno Mars saat sosialisasi PLKK kepada sejumlah perusahaan Kawasan Industri MM2100 di ruang Serbaguna RS Graha, Kamis.

Kuntari menjelaskan saat ini RS Grha MM2100 memiliki CT Scan 192 slice dan MRI 1,5 Tesla. Selain instrumen tersebut RS Graha juga mengklaim memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni di bidangnya.

"Termasuk SDM dalam hal penanganan kecelakaan kerja," katanya.

Peserta sosialiasi PLKK dari PT. HRS Gita mengatakan bahwa proses administrasi di rumah sakit begitu sederhana karena hanya dengan melengkapi formulir yang ada sudah dapat ditangani dengan baik.

"Prosedur administrasi saat ini sangat mudah, tentu saja ini membantu kami," kata dia.

PLKK BPJS Ketenagakerjaan merupakan fasilitas yang diberikan sebagai bentuk pelayanan kepada peserta yang mengalami kecelakaan kerja dan butuh perawatan serta penanggungjawab atas biaya yang timbul dari perawatan tersebut.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang Cikarang Achmad Fatoni mengatakan saat ini BPJS Ketenagakerjaan Cikarang telah membina sebanyak 31 PLKK di Kabupaten Bekasi.

"Kami melakukan kerja sama kepada Rumah Sakit menjadi PLKK agar dapat menangani kasus kecelakaan kerja dan perusahaan tidak perlu khawatir terhadap biayanya," tandasnya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019