Sukabumi (ANTARA News Megapolitan) - Pemerintah Kota Sukabumi, Jawa Barat, membangun trotoar khusus untuk penyandang disabilitas, khususnya tunanetra di beberapa lokasi untuk mempermudah dalam berjalan kaki.

"Kami sudah sosialisasikan penggunaan dan fungsi trotoar kepada masyarakat serta membangun trotoar khusus untuk penyandang disabilitas seperti di Jalan R Syamsudin SH, Siliwangi dan RE Martadinata," kata Wakil Wali Kota Sukabumi Andri S Hamami di Sukabumi, Rabu.

Menurutnya, pembangunan trotoar ini untuk mengembalikann fungsi trotoar bagi pejalan kaki dan mengajak masyarakat untuk peduli kepada para penyandang disabilitas dalam penggunaan trotoar.

Ia mengatakan, pembangunan trotoar di ruas-ruas jalan di Kota Sukabumi saat ini sudah bisa digunakan sesuai fungsinya. Beberapa perbaikan yang masih berlangsung adalah penyempurnaan dari pembangunan trotoar yang humanis untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat, termasuk bagi kaum difabel.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi Abdulrahman menambahkan selama 2018 Pemkot Sukabumi sudah merevitalisasi trotoar di lima ruas jalan yakni jalan Suryakencana, R Syamsudin SH, Siliwangi, RE Martadinata dan jalan Gudang.

Trotoar yang baru dibangun ini selain diperbaiki saluran drainase juga dilengkapi dengan jalur khusus bagi para pejalan kaki dari kaum difabel. Hal ini adalah sebagai wujud kepedulian pemerintah bagi para penyandang disabilitas agar mereka mendapatkan haknya dalam menikmati pembangunan.

"Untuk ruas jalan lainnya, secara bertahap akan kami revitalisasi mulai awal tahun ini," tambahnya.

Editor berita: N. Yuliastuti

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019