Bekasi (ANTARA News Megapolitan) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, menargetkan tiga destinasi wisata di wilayahnya akan direalisasikan pada 2019 melalui kerja sama dengan pemerintah pusat dan provinsi.

"Realisasi destinasi wisata ini merupakan bentuk kerja sama Pemkot Bekasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat," kata Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahoyono di Bekasi, Minggu.

Menurut dia, destinasi wisata itu di antaranya adalah Hutan Bambu di Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur yang saat ini telah mencapai tahap 60 persen persiapan.

Objek wisata di bantaran Kali Bekasi itu saat ini sudah beroperasional sejak diresmikan pada November 2018 dengan mengangkat tema saung bambu dan transportasi sungai.

Destinasi wisata berikutnya adalah revitalisasi Kalimalang di dua lokasi, yakni di sekitar Universitas Islam 45 Bekasi dan di sekitar Jalan M Hasibuan dan samping Metropolitan Mal Bekasi Jalan KH Noer Alie Kalimalang.

Dikatakan Tri, wisata Kalimalang di sekitar Universitas Islam 45 akan digarap oleh Pemprov Jabar dengan menghadirkan transportasi sungai dan sejumlah ruang publik yang representatif.

"Yang di sekitar Unisma akan dibangun oleh Pemprov Jabar sesuai janji politik dari Gubernur Ridwan Kamil," katanya.

Sedangkan untuk lokasi wisata air di Jalan KH Noer Alie Kalimalang dan Jalan M Hasibuan akan dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Tri mengatakan destinasi wisata selanjutnya adalah wisata belanja yang melibatkan sejumlah pengelola pusat perbelanjaan mal di wilayah Bekasi Selatan.

Untuk menunjang wisata belanja itu, pihaknya akan memfasilitasi bus pengumpan penumpang berupa Bus Transpatriot yang akan berkeliling dari mal ke mal di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan.

"Saat ini kita sudah memiliki 29 bus umum dan akan kita tambah pada 2019 sebanyak 20 unit lagi," katanya.

Editor berita: F. Yunianto

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018