Purwakarta (ANTARA News Megapolitan) - Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Budaya Kabupaten Purwakarta, Jabar, mencatat pertunjukan air mancur menari di Taman Sribaduga menyedot puluhan ribu pengunjung pada khir pekan ini yang berbarengan dengan libur Natal.

"Pada pertunjukan air mancur Taman Sribaduga, Sabtu (22/12) malam dipadati 29.108 pengunjung dari berbagai daerah," kata Kasi Promosi Wisata Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya Purwakarta Acep Yuli Mulya di Purwakarta, Minggu.

Ia mengatakan, pertunjukan gratis air mancur Taman Sribaduga itu berhasil menyedot pengunjung yang diperkirakan didominasi wisatawan luar Purwakarta.

Dari dua sesi pertunjukan dalam semalam, tercatat untuk sesi pertama dikunjungi 15.258 wisatawan dan 13.850 wisatawan pada sesi kedua.

Ia mengatakan, pada pertunjukan air mancur di Taman Sribaduga akhir pekan ini pihaknya cukup kewalahan mengatur kepadatan pengunjung.

Menurut dia, air mancur berjoget Taman Sribaduga itu termasuk dalam wisata pertunjukan, tentu ini akan melibatkan banyak pihak termasuk pengamanan.

Karena itu, pihaknya hanya menampilkan pertunjukan air mancur Taman Sribaduga pada Sabtu malam atau setiap akhir pekan saja, walaupun libur Natal cukup panjang.

Ia mengatakan, selain air mancur Sribaduga, di Purwakarta sebenarnya banyak tersedia destinasi wisata lain yang tak kalah menarik.

Acep menjelaskan, masih ada wisata edukasi seperti empat museum diorama yang gratis untuk dikunjungi. Termasuk wisata alam Gunung Parang, Gunung Lembu, taman batu Cijanun hingga bukit Panenjoan.

Keberadaan air mancur Sribaduga memang menjadi magnet bagi wisatawan dari luar untuk datang ke Purwakarta.

Saat ini, pihaknya tengah mempersiapkan diri untuk pertunjukan air mancur untuk akhir pekan yang akan datang.

Dipastikan, pengunjung tak kalah banyak memadati air mancur Sribaduga, karena akhir pekan depan merupakan libur panjang pergantian tahun.

Editor berita: K. Dewanto

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018