Bogor (Antaranews Megapolitan) - Saeful Ramadhan merupakan salah satu mahasiswa Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor (FMIPA IPB) yang kerap menjadi juara dalam beberapa kompetisi. Mahasiswa tingkat akhir ini memiliki daftar panjang prestasi. Ia kerap menjuarai ajang perlombaan khususnya dalam lomba programming dan data mining. Lomba tersebut biasanya menawarkan hadiah yang cukup fantastis.

Saeful pernah menjuarai lomba Hackathon atau membangun aplikasi secara maraton yang diadakan oleh Tokopedia tepatnya pada bulan September 2018 lalu. “Saat itu saya dan dua teman saya diminta untuk membuat aplikasi dalam waktu 24 jam,” tambahnya.

Meski waktunya sangat singkat, ia bersama tim berhasil membuat sebuah aplikasi dan berhak membawa pulang hadiah sebesar 30 juta rupiah. Aplikasi tersebut adalah voice recognition  yakni aplikasi untuk berbelanja di Tokopedia yang dikhususkan bagi penyandang tunarungu.

“Saya mulai mengenal dunia progamming sejak kelas dua SMA dan kemudian mulai ikut berbagai lomba. Jadi, berkompetisi sudah menjadi hobi dan hadiah bukan tujuan utama, hadiah hanya saya anggap sebagai bonus,” ujar Saeful. Saat ini sudah tercatat sebelas prestasi yang ia gapai. Namun sebelum sampai di titik ini, ia pernah mengalami kegagalan. “Saat masih tingkat satu atau dua, saya selalu kalah dalam lomba. Tapi saya terus latihan dan mencoba ikut lomba lagi,” tuturnya.

Saeful menambahkan jika ilmu yang ia kuasai saat ini tidak semuanya ia dapatkan di kelas. Ia sering belajar secara autodidak. Seperti yang ia lakukan sebelum mengikuti salah satu lomba, ia belajar mandiri bersama temannya selama tiga bulan secara tekun.

“Kami berlatih di sela-sela kesibukan kami. Waktu itu kami sedang praktik lapang dan pulangnya kami selalu mampir untuk belajar di perpustakaan IPB sampai jam pelayanan perpustakaan itu tutup,” ujarnya.

Keuletan dan kerja kerasnya membuahkan hasil. Pada bulan november lalu, Saeful dan tim berhasil menyabet juara di Finhacks Data Challenge yang diadakan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA), dan berhak membawa pulang uang sebesar 10 juta rupiah.

Selain dua kemenangan tersebut, masih ada 9 kejuaraan lain yang ia dapat. Diantaranya saat ia berpartisipasi dalam GEMASTIK IX di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya. Saeful bersama tim mempersembahkan medali emas untuk IPB.  (Ama/Zul)

Keyword: data mining IPB, programming IPB, Saeful Ramadhan, FMIPA IPB

 

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018