Cibinong, Jabar (Antaranews Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori utama 2018 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak (PPPA).

"Penghargaan ini diberikan kepada daerah yang memiliki program kerja penyetaraan gender dalam menunjang pembangunan daerah dari berbagai segi," kata Bupati Bogor, Nurhayanti di Cibinong, Rabu.

Menurut dia, sebelumnya Kementerian PPPA bekerjasama dengan tim independen telah melaksanakan evaluasi pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG) 2018 di kabupaten-kota.

Penghargaan ini lebih dikhususkan untuk masyarakat lemah (perempuan) yang mampu memajukan dan menciptakan, mencurahkan pikirannya agar dapat memajukan daerahnya khususnya pada bidang ekonomi.

"Penghargaan ini saya dedikasikan kepada para tokoh yang mencurahkan tenaga dan pikiran untuk pemberdayaan perempuan dan untuk masalah kesetaraan gender. Saya juga berterima kasih kepada kader-kader dan masyarakat Kabupaten Bogor yang telah mendukung program program Pemkab," katanya.

Ia mengemukakan, singkronisasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bogor terhadap RPJM Provinsi Jawa Barat.

Dan itu juga harus sesuai dengan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang terintegrasi dengan intruksi PUG dalam pembangunan sesuai dengan Inpres Nomor 9 tahun 2000.

"Maka strategi PUG dilakukan untuk mencapai keadilan dan kesetaraan gender serta anak dan lansia, goals masalah cross cutting issue, pemecahan masalah kesulitan ekonomi perempuan, penurunan angka trafficking, perlindungan kekerasan pada perempuan dan anak serta keterlibatan perempuan dalam politik," katanya.

BupatI menjelaskan, program prioritas PUG di Kabupaten Bogor meliputi program keserasian kebijakan kualitas anak dan perempuan.

Program penguatan kelembagaan PUG dan anak. Selain itu, program peningkatan kualitas hidup dan perlindungan perempuan.

Tetapi juga pada program peningkatan peran serta maupun kesetaraan gender dalam program pembangunan serta program penguatan kelembagaan anak keseluruhan program prioritas pengarusutamaan di bawah Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bogor.

"Itu juga tertuang dalam empat Perda, empat Perbub dan 10 SK Pendukung (Dalam bentuk SKDES berjumlah delapan SK, intruksi Bupati satu dan SK dari Dinas Sosial satu) dasar hukum ini digunakan sebagai landasan pembentukan kelompok kerja PUG yang nantinya akan melakukan penyusunan RAD PUG, roadmap PUG dan Renja PUG," katanya.

Editor berita: Alex Sariwating

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018